Pohuwato Kembali Raih Penghargaan

oleh -
Amin Harus saat menerima pengahargaan
Foto : Wabup Amin Haras saat menerima penghargaan dari Anugerah Pandu Negeri 2019 yang diserahkan oleh Ketua Yayasan IIPG, Sigit Pramono, di Hotel Bidakara, Jakarta, Jum'at (25/10).(foto : Istimewa).

POHUWATO, Suaralidik.com – Di usia yang baru menginjak 16 tahun, Kabupaten Pohuwato menunjukan diri setara dengan kabupaten dan kota yang ada di Indonesia. Ini menyusul diraihnya pengharagaan bergengsi dari Indonesia Institute for Publik Governance (IIPG), yakni penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2019.

Penghargaan yang diserahkan oleh Ketua Yayasan IIPG ini diterima Wakil Bupati Amin Haras, di Hotel Bidara, Jakarta, pada Jum’at (25/10) malam. Di Provinsi Gorontalo hanyalah Pohuwato daerah mekaran yang menerima penghargaan tersebut bersama dengan 62 daerah se-Indonesia.

Wabup Amin Haras mengatakan bahwa penghargaan ini patut disyukuri. Mengingat IIPG adalah yayasan independen. Penghargaan ini pun diberikan untuk terus mendorong, memotivasi, dan memberi semangat kepada pimpinan daerah dalam meningkatkan, memajukan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di daerahnya.

Indikatornya penilaian jelas wabup diantaranya tata kelola keuangan yang istimewa diukur dari LKPD 2017 dan 2018 dengan opini WTP dari BPK, serta menetapkan Perda APBD 2017 dan 2018 tepat waktu. Kepala daerah dan wakilnya tidak tersangkut kasus korupsi.

“Di samping itu pertumbuhan ekonomi yang tinggi selama 3, yang diukur dari pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) serta ratio PAD terhadap APBD. Memiliki kinerja pembangunan manusia yang bagus, diukur dari nilai rata IPM tahun 2016-2018, serta pertumbuhan IPM periode 2016-2018,” tambahnya.

“Memiliki tata kelola pemerintahan yang baik, diukur dari rata2 nilai evaluasi AKIP dan Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) tahun 2018 yang relatif tinggi serta memiliki nilai Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) yang baik,” pungkasnya.(TR/02).

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60