Presiden Jokowi Pamer PLTB Sidrap di Facebook

oleh

uaralidik.com, SIDRAP–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap di fanpage Facebook pribadinya, sabtu (02/12).

Dalam fanpage tersebut, Jokowi memuji keberadaan PLTB yang saat ini dalam proses perampungan.

“Puluhan tiang berwarna putih berjajar di punggung pebukitan Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, nun di pelosok tengah Sulawesi Selatan, sekitar 200 kilometer dari Makassar” demikian pembuka yang sedikit banyak menerangkan mengenai isi foto yang telah diunggah oleh Presiden Republik Indonesia itu.

Tulisan lainnya juga menjelaskan tentang tiang-tiang kincir angin raksasa Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) pertama di Indonesia ini.

“Di pebukitan itu sedang dibangun 30 kincir angin yang masing-masing menggerakkan turbin berkapasitas 2,5 megawatt, atau 75 MW untuk 30 turbin.”

Menurut Jokowi dalam unggahannya, kawasan pebukitan Sidrap memiliki potensi angin yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan menggerakkan baling-baling PLTB. Pembangunan yang dimulai sejak bulan April 2016 oleh PT UPC Sidrap Bayu Energi ini, menyetap dana investasi senilai USD150 juta. PLTB ini nantinya akan beroperasi secara komersial dan direncanakan rampung tahun 2018 mendatang.

Dari keterangan tersebut diketahui bahwa PLTB ini sanggup mengalirkan listrik ke sekitar 80.000 rumah tangga pelanggan 900 VA, kemudian nantinya akan menjadikan Indonesia sebagai satu dari sedikit negara di Asia yang mempunyai pembangkit bertenaga angin, seperti Jepang, China, dan Korea.

Selain itu, Jokowi juga tengah membangun PLTB Jeneponto di Sulawesi Selatan yang melibatkan investor dari Denmark.

“Potensi energi angin di negara ini 60,6 GW. Pemerintah mendorong adanya penggunaan energi baru terbarukan dari air, panas bumi, ataupun angin.” Tutupnya dalam akun facebook Presiden Joko Widodo.