Program Nasional, Dinkes Kotamobagu Gelar Sosialisasi Introduksi Imunisasi Measles Rubella

oleh
Dinas Kesehatan Kotamobagu
Pertemuan advokasi dan sosialisasi dalam rangka kampanye dan introduksi imunisasi Measles Rubella (MR) di Hotel Sutanraja Kotamobagu,Jumat (29/06/2018)

KOTAMOBAGU, Suaralidik.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan pertemuan advokasi dan sosialisasi dalam
rangka kampanye dan introduksi imunisasi Measles Rubella (MR), Jumat (29/06/2018), di Hotel Sutanraja Kotamobagu.

Menurut kepala Dinkes Kota Kotamobagu, Devie CH Lala, kegiatan kampanye dan introduksi imunisasi measles rubella merupakan program Nasional, sehingga kegiatan tersebut digelar atas kerja sama Pemerintah Kota Kotamobagu dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) koordinasi dengan seluruh lintas sektor mitra kesehatan.

Devie mengatakan, kegiatan tersebut masih dalam bentuk kampanye, sebab baru dimulai tahun 2017 lalu. Tetapi pelaksanaannya dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2018 ini.

“Teknisnya sudah dimulai pada bulan April lalu, karena ini model kampanye sehingga  lintas sektor diundang,” imbuhnya.

Devie juga menjelaskan, kampanye imunisasi measles rubella adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan dibawah 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“Sasaran utama kami mulai dari usia 9 bulan hingga dibawah 15 tahun bisa disuntik semua,” kata dia.

Di ketahui Imunisasi measles rubella diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. (***jul)