Prosesi Mappacci Putri Mantan Wakil Bupati Pangkep Dihadiri Ratusan Warga

oleh
Mappacci
Prosesi mappacci putri mantan wakil bupati Pangkep

Pangkep, suaralidik.com – Ratusan warga Kabupaten Pangkep berbondong-bondong menuju Rumah mantan wakil Bupati Pangkep Abd Rahman Assegaf, untuk menyaksikan Prosesi peletakan daun pacar atau yang dikenal oleh Masyarakat sebagai “Mappacci” atas perinakahan Putri Andi Yearakhiria Nurarindani yang dipersunting oleh Andi Arya Widya Praja putra Achmar Hizbulwathan Kadis Pertanahan Pangkep. Jum’at (06/07/2018).

Prosesi mappacci disimbolkan sebagai pensucian diri bagi mempelai sebelum bersanding di pelaminan, Prosesi ‘mappacci’ biasanya dilaksanakan pada malam menjelang acara akad nikah atau ijab kabul, yang dikenal dengan malam mappacci, biasa juga disebut ‘tudang penni’.

Tamu yang diminta untuk meletakkan pacci adalah orang-orang yang mempunyai kedudukan sosial yang baik dan mempunyai kehidupan rumah tangga yang bahagia, semua ini mengandung makna agar calon mempelai kelak dapat hidup bahagia seperti mereka yang meletakkan pacci di atas tangan mempelai.

Dari Pantauan Suaralidik.com, Usai resepsi ‘Mappacci’ ratusan warga berbondong-bondong memberikan ucapan selamat kepada mempelai yang di dampingi H. Abd Rahman Assegaf dan Hj. Andi Yuliana orang tua Mempelai.( ***Syaiful).