Proyek Pipa Air Bersih Atoga Diduga Gagal Perencanaan

oleh -2 views
Proyek pipa air bersih di Desa Atoga

Boltim, Suaralidik.com – proyek pipa air bersih di Desa Atoga Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diduga gagal dalam perencanaan.

Proyek yang dikerjakan oleh CV. Cahyani dengan anggaran Rp. 755 juta lebih dan sumber anggaranya dari anggaran pendapatan belanja Negara (APBD) Kab.Boltim tahun anggaran 2019
Pasalnya didalam RAB, Spec maupun BOQ kedalaman pipanya hanya 50 cm, dan tidak ada pasir urukan.

Seperti yang dikatakan Sandi Mockthar selaku pengawas proyek saat dikonfirmasi diruang kerja Bidang Cipta Karya Senin (30/9) mengatakan, bahwa memang dam RAB, Spec dan BOQ hanya seperti itu, karena kami menggunakan pipa HOCO yang telah teruji kwalitasnya sehingga kedalamannya hanya 50-60 cm, sehingga tak perlu menggunakan pasir urukan,ujarnya.

Disinggung bahwa galian pipa itu saat ini tepat di dalam drenase, dan apabila terjadi hujan maka secara otomatis tanah yang menimbun pipa tersebut akan hanyut, berarti dalam perencanaannya tidak matang, ia (pengawas) menampik hal tersebut semua proyek yang ada khususnya di Cipta karya dan pada umumnya di Dinas PUPR semua dalam perencanaan itu matang.

Tapi apabila dilapangan terjadi seperti ini, seperti yang dikatakan teman-teman dari media, maka pasti saya selaku pengawas akan menindaklanjuti hal tersebut, apalagi letak galian pipanya berada di drenase, saya akan turun lapangan untuk melihat secata langsung hal tersebut, tandasnya.(***Bob)