Proyek Puluhan Miliar  2020  PT Margahasta Citra Belum Selesai, BPJN XV Sulut Hanya Membisu

oleh -0 views
Pekerjaan jalan di jalur Maelang Bolmong yang anggarannya Puluhan Miliar belum kelar.

BOLMONG,Suaralidik.Com – Pekerjaan Proyek Puluhan Miliar di Bolmong khususnya Kabupaten Lolak mendapat keritikan dari berbagai elemen LSM dan Ormas.

Kritikan dilontarkan Ketua LP2BM kabupaten Bolaang mongondow (Bolmong) Ali Imran Aduka, LSM Swara Bogani yang di ketuai Rafik Mokodongan dan Ormas Laki yang di ketuai Indra Mamonto.LPK-RI. Yang di Ketuai Erwin Hatam.

Mereka berharap Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional ( BPJN ) XV Wilayah II Sulawesi Utara, Triono Junoasmono Ph.D, tidak tidur atas persoalan keterlambatan penyelesaian fisik proyek 63 miliar Lajur Kaya-Maelang.

Menurut para LSM dan Ormas yang ada di Bolmong Raya. Jika perusahan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sesusai batas waktu kontrak, maka segera mungkin melakukan putusan Kontrak. kepala BPJN Maupun Satker wilayah II Rickyson M Tumiwa , melakukan pemutusan kontrak kepada pihak ke tiga, untuk kemudian sisa dana tersebut di kembalikan lagi ke kas Negara menjadi Silva.

” Manakala perusahan tidak mampu menepati waktu berdasarkan dokumen kontrak, maka kepala BPJN maupun satker harus melakukan pemutusan kontrak dan jangan memaksakan kebijakan yang nantinya bertabrakan dengan aturan,” Pintah para LSM dan Ormas Bolmong Raya.

Mereka juga menyoroti terkait kondisi realisasi fisik yan dinilai tidak maksimal. Ia mengatakan, Kontraktor pelaksana harus bekerja secara profesional dengan berpegang pada ketepatan waktu dalam pelaksanaan.

Sebab kata mereka, tidak ada pekerjaan tahun anggaran 2019 lantas masih terus di paksakan untuk dilanjutkan pada tahun 2020, Itupun belum juga tuntas sampai saat ini?

” Kalaupun dilakukan penambahan waktu, saya kira hanya berkisar 50 hari. Itupun terhitung sejak berakhirnya batas waktu kontrak yang di tetapkan,”

Mereka mendesak Kejati dan Kapolda Sulut untuk dapat mengusut penyebab keterlambatan atas belum tuntasnya pekerjaan proyek puluhan miliaran rupiah yang di tangani oleh pihak BPJN.Tandas para Ketua-ketua LSM dan Ormas yang ada di Bolmong Raya.

Data yang berhasil dirangkum oleh wartawan, pekerjaan proyek BPJN di Bolmong masih terus berjalan. Menariknya, sudah memasuki 14 januari 2020, Pekerjaan tersebut belum juga di selesaikan oleh pihak Kontraktor.

Sayangnya Sampai berita ini naik tayang, pihak  BPJN XV Sulut dan Kasatker wilayah II, Belum berhasil dimintai konfirmsi oleh awak media ini.(***Agus)