Puluhan Siswa SMPN 3 Labbakkang Dilatih Teknik P3K

oleh -

SUARALIDIK. COM, – Untuk meningkatkan kesadaran dalam P3K, Pengurus PMR SMP Negeri 3 Labakkang Pangkep bekerjasama dengan PMI Pangkep menggelar pelatihan simulasi P3K di lapangan sekolah.Selasa (23/1/018).

SMKN 1

Seperti pingsan saat upacara, atau trauma seperti terjadi perdarahan karena jatuh hingga mengalami patah tulang dan tehnik pengangkatan korban.

“Diharapkan dengan pelatihan ini para siswa tidak lagi bergantung pada tenaga medis, namun dapat melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu agar tidak terlambat memberikan pertolongan. Bukan langsung evakuasi atau tindakan medis dulu,” ungkap Pembina PMR SMP 3 Labakkang ,Darmawati.

Setelah melakukan tindakan pertolongan pertama, sambung Darmawati, para siswa atau petugas ini, baru melakukan tindakan medis dengan mengevakuasi para korban.

Pelatih Pertolongan Pertama PMI Pangkep, Nurhidayah kepada Suaralidik.com mengatakan kegiatan ini perlu dilaksanakan guna memberikan pemahaman dan kesadaran siswa untuk melakukan P3K. Banyak materi dan praktek yang disampaikan kepada anggota PMR di sekolah ini, antara lain penanganan orang pingsan, teknik pertolongan pada saat terjadi perdarahan, luka,penanganan pada patah tulang dan penanganan luka bakar akibat cairan kimia saat praktik di laboratorium.

Oleh karena itu, diharapkan dari simulasi P3K ini, PMR ini semuanya mampu menjalankan tugas pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Kedepan, kita akan lanjutkan ke sekolah-sekolah lainnya untuk kegiatan PMR seperti ini,” jelasnya.(Syaiful/Wank86).