Puluhan Ton Bantuan Benih Padi Kecamatan Seputih Raman Diduga Ditilep Oknum KCD

oleh -90 views
Foto: I Gusti Made Kepala Cabang Pertanian

Lampung Tengah, Suaralidik.Com – Ironis bantuan benih yang seharusnya dibagikan ke gapoktan (gabungan kelompok tani) yang tersebar di 14 kampung yang ada di Kecamatan Seputih Raman kabupaten Lampung Tengah diduga tidak dibagikan KCD pertanian (kepala cabang dinas)

Hasil keterangan dari narasumber yang juga Gapoktan menjelaskan akhir tahun 2018 kami seluruh gapoktan diadakannya rapat bersama KCD pertanian (kepala cabang dinas ) membahas benih yang akan turun jenis padi ciheran dan situbagendit pada saat turun senilai Rp 27.02.2019 sampai saat ini benih itu tidak turun bahkan ini benih periode yang kedua sudah mau turun mas ujar gapoktan

Masih menurut sumber, lebih parahnya biasanya saat benih turun KCD pertanian I Gusti Made Suasa, Sp.Mm. Meminta sejumlah fee ke gapoktan, saat pupuk datang para pengecer dimintai fee Rp 500 persak.

“kami dari gapoktan menyayangkan ini berlarut – larut, kami siap bikin surat pernyataan karena kami resah dengan adanya perilaku KCD pertanian, ini tindak pidana penggelapan dan pungli, kami harapkan agar dilaporkan ke aparat penegak hukum,”harap sumber.

Dilain waktu tim invetigasi LSM Lidik Pro Provinsi Lampung mencoba menemui KCD pertanian (kepala cabang dinas ) seputih Raman I. Gusti made suasa. Sp. Mm. Diruangannya dia membantah dengan adanya pengaduan beberapa gapoktan .

“Semua sudah terealisai dengan baik pada saat benih turun saya dan rekan menanda tangani surat jalan silakan saja kalau mau dilaporkan,”tantang Gusti, KCD pertanian

Saat disinggung terakir rapat dan berita acara, arsip penerimaan bantuan benih dengan nada seperti lirih ‘kami setiap rapat tidak ada berita acara ,notuline , apalagi arsip. Sementara dua orang penyuluh pertanian Heri dan Ervin terkesan menutupi saat awak media konfirmasi.(***edy doy)