Puskesmas Lanrisang Kedatangan Tim Surveyor Re – Akreditasi

Pinrang, suaralidik.com- Tim Surveyor Kementerian Kesehatan RI melakukan survei dalam rangka akreditasi fasilitas kesehatan di Puskesmas Lanrisang Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang, Senin 9/9/2019.

Acara pembukaan survei ini dilakukan di puskesmas Lanrisang yang dihadiri tim dari Dinas Kesehatan Pinrang, tim surveyor dari Kementrian Kesehatan RI, Camat Lanrisang H. Abd Asiz Mustari, S,Pdi, Kapospol Sektor Lanrisang Ipda Rusdi, SE, Kepala Puskesmas Lanrisang Hj. Kasmawati Side, SKM.M,Kes beserta staf, kepala kelurahan Lanrisang, para kepala Desa sekecamatan Lanrisang, beberapa kepala puskesmas kabupaten Pinrang dan para petugas medis puskesmas Lanrisang.

Tim Surveyor dari Kementerian Kesehatan RI, Dr Mochammad Ismail untuk Bidang UKP sebagai ketua tim, Ahmad Husain, SKM. M, Kes Bidang UKM dan Dr. Pande Nyoman Sri Joni, M,Kes untuk Bidang Admen.

Tujuan dari akreditasi puskesmas adalah untuk meningkatkan status puskesmas serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sebab mutu pelayanan kesehatan harus dilihat dari berbagai aspek sehingga aspek-aspek tersebut dilakukan survei sebelum diakreditasi.

Dalam penilaian akreditasi bisa menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan ke masyarakat.0

Dalam Pasal 39 ayat 1 di aturan itu menyebutkan, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, Puskesmas wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit setiap tiga tahun sekali.
Namun pemerintah harus meningkatkan indikator yang dinilai petugas, sehingga Puskesmas tersebut layak mendapat sertifikat akreditasi Utama dan Paripurna.

Dalam sambutan Camat Lanrisang
“Kami ucapakan selamat datang kepada para tim surveyor untuk menilai puskemas di kecamatan lanrisang ini. Sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat 1 x 24 jam dan semoga puskesmas kita ini dapat lagi mendapat jenjang yang kebih tinggi lagi” Singkat H. Abd Aziz.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang yang diwakili oleh Kabid Yankes H. Muh Yasim,SKM,M.Kes, mengatakan, dalam rangka akreditasi tersebut ada tiga komponen yang menjadi penilaian yakni pertama, administrasi dan manejemen, kedua upaya kesehatan masyarakaty (UKM), dan ketiga, upaya kesehatan perorangan (UKP).

” Puskesmas tersebut disurvei oleh lembaga independen yang disahkan oleh Kementerian Kesehatan yang dinamakan Komite Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Dalam kegiatan ini, setiap puskesmas disurvei oleh tiga orang (suveyor). Hasil survei akan dinilai dan diputuskan oleh tim komite FKTP dan selanjutnya disampaikan kembali ke dinas”. Ungkap H. Muh Yasim.

“Tim survei akan menilai puskesmas kami dari hari sekarang Senin sampai hari Rabu nantinya”. Kata Hj. Kasmawati Side, SKM. M, Kes.

Setelah pembacaan laporan dari kepala puskesmas Hj. Kasmawati Side, SKM. M,kes kepada tim survei dan dilanjutkan dengan pembacaan doa. Tim survei langsung mengadakan penilaian di puskesmas Lanrisang sampai hari Rabu 11/9/2019. ( MLP)

News Publicated on : 10/09/2019 09:01

Share

Terbaru

40 Siswa SMK 3 Pangkep, Ikuti Orientasi PMR Angkatan XII Tahun 2019

Pangkep,suaralidik.com- Sebanyak 40 Siswa SMK Negeri 3 Pangkep mengikuti Orientasi Palang Merah Remaja (PMR) angkatan ke XII. Kegiatan pembukaan berlangsung…

4 jam lalu

Lagi, Bupati Gorut Tandatangani Serah Terima Aset BMN Dari Kementrian PUPR

JAKARTA, Suaralidik.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) kembali menandatangani serah terima aset Barang Milik Negara (BMN) di lingkungan…

5 jam lalu

Pemkab Boltim Salurkan Bantuan Kepada Warga Jiko Utara

BOLTIM, Suaralidik.com - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) Boltim…

6 jam lalu

Gelar Aksi, PMII Ajak Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Dukung Revisi UU KPK

LIMBOTO, Suaralidik.com - Guna mendukung revisi UU KPK Puluhan mahasiswa yang tergabung pada Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Kabupaten…

6 jam lalu

Bupati Gorut Minta Camat Dan Kades Cegah Pembakaran Lahan

GORUT, Suaralidik.com - Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Dr. Hi. Indra Yasin S.H., M.H., meminta kepada seluruh instansi terkait dan aparatur…

17 jam lalu

Indra Bertekat Jadikan Gorut Pusat Pengembangan Perikanan Di Provinsi Gorontalo

GORUT, Suaralidik.com - Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Dr. Hi. Indra Yasin S.H., M.,H bertekat menjadikan Kabupaten Gorut sebagai pusat perikanan…

18 jam lalu

This website uses cookies.