Radio Cempaka Asri Bersama Kasdim 1411/BLK Dan FKUB Bulukumba Gelar Diskusi Publik Dialog Kebangsaan

oleh
Radio Cempaka Asri Bulukumba
Radio Cempaka Asri 102,5 FM (RCA FM),Jl.Pepaya, Kel.Loka Kec.Ujung Bulu Kab.Bulukumba,berlangsung Dialog Kebangsaan dengan Tema,Selasa 24/01/2017

Lidik Bulukumba – Hari Selasa Tanggal 24 Januari 2017 sekitar Pukul 09:30 Wita,di Radio Cempaka Asri 102,5 FM (RCA FM),Jl. Pepaya, Kel.Loka Kec.Ujung Bulu Kab. Bulukumba,telah berlangsung Dialog Kebangsaan dengan Tema ” Peningkatan Wawasan Kebangsaan, Kebersamaan dan Menjaga Toleransi”

Radio Cempaka Asri Bulukumba
Radio Cempaka Asri 102,5 FM (RCA FM),Jl.Pepaya, Kel.Loka Kec.Ujung Bulu Kab.Bulukumba,berlangsung Dialog Kebangsaan dengan Tema,Selasa 24/01/2017

Dalam Dialog Kebangsaan ini hadir sebagai pemateri Mayor Arm Arfan Towasi (Kasdim 1411/BLK) mengatakan jika akhir-akhir ini wawasan kebangsaan di Negara Indonesia terjadi penurunan sehingga harus ditingkatkan kembali terutama kepada para Pemudanya.Banyak hal yang telah diperbuat oleh Kodim 1411/BLK dalam meningkatkan Wawasan Kebangsaan diantaranya dengan mengadakan kegiatan Kepramukaan, Wawasan Kebangsaan pada instansi maupun luar instansi serta Ormas,jelas Arfan.

Arfan juga menyebutkan kalau toleransi muncul apabila masyarakat saling menghormati satu sama lain dalam kehidupan bermasyarakat.Untuk meningkatkan toleransi kita harus memberikan contoh terlebih dahulu dan terpenting adalah action atau kerja nyata.

KH.Tjamiruddin (Ketua FKUB Bulukumba) yang juga hadir sebagai pemateri dalam Dialog ini mengatakan saat ini peningkatan toleransi sangat penting karena di lingkungan masyarakat masih banyak belum memahami toleransi sebenarnya padahal kita hidup bersama agama lain.Keberadaan FKUB memiliki peran penting dalam hal toleransi beragama, ada tugas pokok FKUB diantaranya adalah melakukan sosialisasi tentang pentingnya kerukunan umat beragama, pemberdayaan masyarakat, pembinaan umat, serta rekomendasi tertulis pendirian tempat ibadah, agar terhindar dari pertikaian dan konflik antar umat beragama.

Ketua FKUB Bulukumba dalam materinya juga menyampaikan apabila telah terjadi pertikaian antar umat beragama, peran FKUB adalah melakukan mediasi dengan pemuka agama maupun tokoh-tokoh agama serta tokoh adat untuk meminimalisir konflik yang ada.FKUB akan terus membuat solusi terhadap peningkatan toleransi agar ormas dan aliran keagamaan tidak ada yang menganggap dirinya paling benar.Toleransi antar umat beragama di Kab. Bulukumba sangat tinggi dikarenakan Masyarakat masih menjunjung nilai kearifan lokal,Jelasnya

Dari Audions tampak hadir Ketua KIPP Ahmad Gazali mengajukan pertanyaan “apa resep agar hati tenang dan selalu menjaga toleransi” ?,Hal ini direspon oleh pemateri.

Menurut pemateri resep agar hati tenang dan selalu bertoleransi antar umat beragama adalah dengan mempertahankan nilai kearifan lokal dan saling menghormati antar umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan Dialog kebangsaan yang berkahir hingga pukul 10:55 Wita ini banyak menghasilkan solusi-solusi dan pemikiran positif terhadap masyarakat terutama cara hidup bertoleransi antar ummat beragama. (RGL/BCHT)