Makassar Recover

Pemkab bantaeng

Raihan Suara OD-SK Pecahkan Mitos Politik Identitas

  • Bagikan
Reba Pontoh, Ketua Tim Pemenangan OD-SK di Bolmut
Reba Pontoh, Ketua Tim Pemenangan OD-SK di Bolmut

BOLMUT, SuaraLidik.com – Kontestasi politik lima tahunan di Provinsi Sulawesi Utara memang seksi dan menarik untuk diamati. Betapa tidak, hampir setiap kontestasi politik di daerah Nyiur Melambai ini bahkan dimanapun, selalu ada gaung tentang politik identitas, lebih khusus untuk daerah pemilihan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Dalam kacamata wikipedia, Politik identitas adalah sebuah alat politik suatu kelompok seperti etnis, suku, budaya, agama atau yang lainnya untuk tujuan tertentu. Lebih mengerucut lagi, politik identitas sering digunakan untuk meraih simpati masyarakat, namun dilarang dalam budaya demokrasi Indonesia karena berpotensi menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Pemkab bantaeng

Menurut Reba Pontoh, Ketua Tim Pemenangan Bolmut untuk pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandow, kepada reporter media ini, jika lima tahun lalu OD-SK bertarung dengan pasangan lainnya yang menggaungkan politik identitas. Tak jauh berbeda dengan tahun ini, OD-SK kembali berjuang mencounter muatan kampanye yang sama.

“Publik tahu betul jika tahun 2015 OD-SK berjuang melawan muatan kampanye politik identitas. Tercatat raihan suara OD-SK di Bolmut untuk lima tahun lalu sebanyak 10.570 suara. Raihan ini jauh berbeda dengan hasil tahun ini, yakni sebanyak 18.649“, terangnya

Lanjut politisi Partai Gerindra itu, hasil dari suara ODSK berdasarkan pleno KPUD Bolmut hari ini membuktikan jika, mitos tentang politik identias tak lagi laku di masyarakat.

“Politik identitas adalah hal yang tidak dibenarkan dalam demokrasi. Oleh karenanya, raihan suara yang signifikan di Bolmut serta kemenangan ODSK di Sulawesi Utara telah memecahkan mitos bahwa pemimpin tidak harus berdasarkan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA)”, ungkapnya

Mantan Aleg Bolmut itu menambahkan, untuk wilayah pemilihan Bolmut, meskipun kalah dari pasangan lainnya, raihan suara ODSK di daerah ini telah mencapai target.

“Ini berkat kerja keras tim pemenangan ODSK di Bolmut, sehingga kita bisa mencapai bahkan melampaui target suara”, tutup Pontoh.

Berdasarkan rapat Pleno Rekapitulasi Surat Suara yang digelar KPUD Bolmut hari ini, pasangan nomor urut 1. CEP-Sehan meraih suara sebanyak 24.203, nomor urut 2. VAP-HR sebanyak 1.643 dan nomor urut 3. OD-SK dengan jumlah 18.649.

Adapun Jumlah DPT Bolmut sebanyak 57.671, yang menggunakan hak pilih sebanyak 45.144, jumlah Surat Suara sebanyak 59.192.

Disamping itu, tercatat suara sah sebanyak 44.500, suara tidak sah sebanyak 644 dan jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilih sebanyak 12.527 orang. (***Chan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *