banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Tak Berkategori  

Rakoor KPU Boltim Dalam Rangka Matangkan Persiapan Pendaftaran Calon

Rakor KPU Boltim

BOLTIM, Suaralidik.com – Persiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati dimatangkan melauli Rapat Koordinasi yang melibatkan Bawaslu dan Polres Boltim, serta perwakilan partai pengusung yang turut hadir disekertariat KPU, Senin (01/09).

Rakor tersebut dibuka langsung Ketua KPU Boltim Jamal Rahman, dengan beberapa penyampaian terkait persiapan. Jamal mengatakan lewat rakoor tersebut perlu ada kesepakaran agar tidak ada kendala setelah waktu yang ditentukan.

“Rakor ini akan menyepakati item-item yang spesifik.
Sebelum hari pendaftaran pada 4-6 September 2020.
Di sini sebelum pendaftaran kita harus sudah membicarakan detail. Seperti denah juga dan item lain yang akan disepakati,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Abdul Kader Bachmid menjelaskan bahwa pada rakoor ini sudah bersama – sama hadir dengan perwakilan 13 Partai Politik (Parpol) pengusung pada kontestasi pilkada 2020.

“Perlu diingatkan lagi kepada Parpol pengusung untuk secepatnya memberikan surat mandat kepada LO Paslon (Pasangan Calon, red) yang ditanda tangani oleh bakal calon serta surat keterangan SWAB mandiri wajib dibawah saat mendaftar. Entah dia melakukan SWAB dimana, itu perlu ada,” ujarnya.

Lanjut Kader, terkait dengan syarat calon itu perlu diteliti lagi sejumlah kebutuhan persyaratan dalam kelengkapan berkas calon. “Perlu teliti lagi DB1-KWK dan kebutuhan pemberkasan calon seperti SKCK dan lain – lain. Sehingga itu, pengurus partai yang mewakil partai pengusung yang sempat hadir dalam rakoor agar menyampaikan ke paslon masing – masing,” jelasnya.

Dari rakoor tersebut juga dibahas beberapa persiapan lainya termasuk denah dan ruang pendaftaran secara terbatas. “Ruang pendaftaran hanya di hadirkan yang mempunyai kewenangan dengan jumlah kursi yang disediakan menyesuaikan jumlah partai pengusung LO dan Paslon bersangkutan,” terang Bachmid.

Tak lupa pula, KPU mengingatkan penerapan protokol kesehatan menjadi keutamaan dalam jadwal pendaftaran pada tanggal 4, 5 dan 6 September. “Dalam pertemuan ini KPU mengajak untuk persiapan pendaftaran calon agar mematuhi dengan kondisi pandemi covid-19 ini,” tambah Ketua KPU, Jamal Rahman.

Kapolres Boltim, AKBP Irham Halid yang turut serta dalam rakoor juga berharap pesta demokrasi yang dimulai dengan berbagai tahapan agar terus terpelihara dan sukses sampai pada waktunya.

“Kami mempunyai tanggungjawab moril melakukan pengamanan dan pengawalan. Menjaga ketertiban itu yang utama, agar menjadikan tahapan Pilkada yang lebih kondusif untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Kamtibmas bisa dipelihara dan terjaga. Melaksanakannya dengan baik, melibatkan pihak – pihak terkait agar pesta demokrasi lebih kondusif,” tegasnya. (Bob)