Rakor KPU BolSel, Partai Apa Saja Yang Lolos?

oleh

suaralidik.com, Bolmong Selatang–Tahapan Verifikasi Faktual Partai Politik oleh Komisi Pemilihan Umum  Bolmong Selatan beberapa waktu lalu kini ditindaklanjuti dengan Rapat Koordinasi (Rakor) pada  Jum’at (15/12).

Rakor ini dihadiri oleh seluruh Parpol yangg dinyatakan lolos oleh KPU dalam tahapan Verifikasi keanggotaan.  Tercatat 12 Parpol yang memenuhi syarat diantaranya NASDEM, PKB, PKS, PDI-P, GOLKAR, GERINDRA, DEMOKRAT, PAN, PPP, HANURA, dan dua partai pendatang baru yakni PERINDO dan PSI.

Ketua KPU Bolmong Selatan, Zulkarnain Kamaru, yang membuka lansung pelaksanaan Rakor, dalam sambutannya mengatakan Rakor ini dalam rangka penjelasan tahapan pemilu kepada Partai peserta pemilu 2019, dalam rangka verifikasi faktual di mana hal ini wajib untuk semua partai peserta.

Sementara itu, bagi Parpol lama, verifikasi faktual hanya diberlakukan dalam pengecekan struktur kepengurusan, apakah nama yang tertera dalam SK sesuai atau tidak. Pengecekan lainnya yakni keterwakilan perempuan sebanyak 30%, kelengkapan administrasi kantor, dan keberadaan kontor atau sekretariat partai itu sendiri.

Untuk Partai Politik baru, verifikasi dilakukan secara keseluruhan, mulai dari keberadaan atau domisili anggota, sampai administrasi kelengkapan dan domisili kantor atau sekretariat Porpol tersebut.

Lebih lanjut, Zulkarnain Kamaru menjelaskan bahwa dalam verifikasi faktual ini, pengurus Partai yang namanya tertera dalam SK kepengurusan wajib hadir pada saat verifikasi faktual berlangsung. Terutama Ketua, Sekretaris, dan Bendahara atau sebutan lain dalam SK partai yang bersangkutan.

“Tidak boleh diwakili. Dan kalau ada yang berhalangan hadir maka yang bersangkutan harus ada surat keterangan dari yang berwenang dalam hal terkait ketidak hadirannya diverifikasi faktual tersebut. Contoh kalau yang bersangkutan sakit harus ada surat keterangan sakit dari Dokter.” Tutup ketua KPU Bolmong Selatan.(SS)