Rakyat Tunggu ” JURAGAN” Di Pilkada Bantaeng 2018

oleh
Ilustrasi Pilkada 2018

Pilkada Bantaeng 2018 – Meski perhelatan Pilkada Kabupaten Bantaeng masih dua tahun, namun sejumlah nama tokoh mulai diperbincangkan di Kabupaten Berjuluk Butta Toa. Rakyat mulai mencari sosok calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bantaeng 2018 mendatang.

Sekedar untuk diketahui, nama H. Rusman Idris, mantan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab Bantaeng yang lebih familiar disapa dengan panggilan “Juragan” sepertinya salah satu kandidat yang kuat dan mempunyai power di tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Ir Wahyudin (50) Sekretaris Siwo Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) SulselBar, dan juga Ketua LSM Kibar Indonesia. “Saudara Juragan tidak asing bagi masyarakat Bantaeng dan semua orang pasti tau dengan beliau, karena pamornya sudah terbagun semenjak dulu,” ujar Wahyudin kepada Redaksi SuaraLidik.com, Selasa (30/8/2016).

Sebagai rakyat Bantaeng, berharap Juragan dapat maju pada pilkada 2018 mendatang. Namun kali ini sosok pendamping dari Juragan masih dirasiakan, juga turut menjadi isu penting dalam pentas politik Bantaeng.

Menurut Wahyudin, untuk posisi bakal calon wakil Bupati Kabupaten Bantaeng 2018 mendatang harus bisa bekerja sama yang baik. Dari hasil survei yang telah dilakukan oleh LSM Kibar, merilis para tokoh populer seperti Juragan, sudah jauh saban hari bergerak selama dua tahun yang kemungkinan akan mendapat dukungan rakyat apabila maju dalam pertarungan sebagai kontestan Bupati Bantaeng.

Pertimbangan masyarakat Bantaeng dalam menentukan calon berdasarkan pada track record atau jejak rekam sang tokoh, kemampuan, kompetensi, pengalaman, latar belakang profesi, popularitas serta dukungan para tokoh adat dan agama, pada rentang 1 Januari 2014 s/d Juni 2016, dilakukan terhadap masyarakat responden dari 8 kecamatan yang ada di Bantaeng (dengan sistem dari rumah ke rumah) serta Juragan memberikan bantuan langsung.

Dari hasil survei, nama Juragan dianggap tokoh yang memiliki popularitas tertinggi diantara para kandidat lainnya dengan tingkat popularitas perolehannya.

Nama Juragan relatif dikenal di kalangan masyarakat, bisa saja karena selama ini dirinya pengusaha muda, pemilik salah satu mall terkenal di kota Makassar dan yang paling banyak memiliki counter HP, sekaligus merupakan putra asli Bantaeng dan juga kini menjadi Ketua DPD Nasdem Bantaeng.

Jika Juragan benar-benar maju maka dari nama cukup diuntungkan, karena namanya juga masih identik di tengah-tengah masyarakat Bantaeng dan bisa diterima,” pungkas Wahyudin.

Rusman Idris Juragan bersama pedagang kecil di pasar Lamboca
Rusman Idris “Juragan” bakal calon Bupati Bantaeng saat bersama warga di Kompleks Pasar Lamboca Bantaeng -SUARALIDIK

Di tempat terpisah, sejumlah warga masyarakat Bantaeng di Kompleks pasar Lamboca Kecamatan Pajukukang Bantaeng yang dimintai komentar, memberikan apresiasi dan dukungan terhadap Juragan.

Kami akan memperjuangkan Juragan tanpa bayaran dan janji, ini murni dukungan kami, ujar Sitti, seorang pedagang gula merah.

Redaksi : Andi Awal-SuaraLidik