banner 728x250

Ramah Tamah SCN Bantaeng, Inilah Ungkapan Ketua SCN dan The Keys Bantaeng

  • Bagikan
Foto Bersama Ketua SCN Bantaeng, Rusdi,B.S.Pd dengan Ketua The Keys Bantaeng M.Arfah di Acara Ramah Tamah
Foto Bersama Ketua SCN Bantaeng, Rusdi,B.S.Pd dengan Ketua The Keys Bantaeng M.Arfah di Acara Ramah Tamah

Bantaeng, suaralidik.com – Seniman Celebes Nusantara Kabupaten Bantaeng mengadakan Acara ramah tamah dengan para tokoh seni dan komunitas The Keys Bantaeng di HTL Cafe Jl.Lingkar Sasaya Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng (29/8/20).

Acara ramah tamah ini dihadiri oleh Tokoh Seni Bantaeng Sukarman, Abd.Asis Bartaku alias Opa, Ketua The Keys Bantaeng M.Arfah, Humas The Keys Madia dan beberapa anggota lainnya.

banner 728x250

Momen ramah tamah ini dimanfaatkan Ketua DPD SCN Bantaeng yang juga Selaku Humas DPP SCN Rusdi,B.S.Pd untuk menyampaikan berbagai program kerja Seniman Celebes Nusantara salah satunya pelestarian seni dan budaya.

Foto Salam Kekompakan Ketua SCN Bantaeng Rusdi dengan Ketua The Keys Bantaeng M.Arfah

Menurutnya, Upaya pelestarian budaya tidak cukup hanya dilakukan melalui berbagai pertunjukan secara regular. Hal utama yang juga harus dilakukan adalah pemberian apresiasi dan pemahaman tentang filosofi serta nilai dari keberadaan objek budaya, warisan dan tradisi yang tumbuh dimasyarakat secara turun temurun khususnya kepada generasi muda.

Disamping itu kebudayaan juga harus mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat melalui pengembangan produk kebudayan secara kreatif seperti seni pertunjukan, kuliner, fashion show, film dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.

“Hal ini penting dilakukan, agar masyarakat, khususnya generasi muda termotivasi dan memiliki pemahaman yang baik dan terlibat aktif dalam melakukan proses internalisasi nilai-nilai budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari” ungkap Rusdi saat memberikan sambutan.

Ia pun menambahkan, Sesama seniman kita tentunya perlu menanamkan rasa persaudaraan, dan bersatu padu dalam memajukan seni budaya tradisional. Jangan ada lagi merasa bersaing, tapi kita ini adalah saudara yang harus bersama sama saling membantu dan saling merangkul sesama seniman.

Komunitas boleh berbeda, tapi niat dan tujuan kita sama, yakni sama sama ingin membangun daerah kita dibidang seni dan budaya, dan marilah kita menjadi salah satu pelaku sejarah untuk kembali mengangkat dan mengharumkan nama Bantaeng dibidang Seni dan budaya, tutup Rusdi

Sementara Ketua The Keys M. Arfah dihadapan sesepuh dan anggota SCN mengucapkan rasa terima kasih yang setinggi tingginya atas penghormatan yang diberikan kepadanya untuk hadir bersama dalam acara ramah tamah SCN Bantaeng.

“Terima kasih atas kesempatan dan penghormatan yang diberikan kepada kami, InsyaAllah, mudah-mudahan kedepan jalinan kerjasama ini selalu ada, dan bersama sama berkreasi dan berkarya untuk bantaeng”. Ucap M.Arfah

Acara Ramah Tamah juga di meriahkan dengan penampilan Ketua The Keys dengan membawakan sebuah lagu yang membuat susana semakin meriah.

Selain Ketua The Keys, Musisi Terbaik Bantaeng Rola Batara dan Petua Seni Abd. Azis Bartako juga ikut membawakan lagu yang bernuansa daerah dan kroncong.

Petua Seni Abd Azis Opa saat memainkan musik di acara ramah tamah SCN Bantaeng

Berbagai harapan dititipkan petua seni di Bantaeng kepada SCN untuk kedepannya, diantaranya adalah memunculkan kembali musik musik tradisional seperti Tunrung Pakanjara, Tunrung Tallua, Ganrang Pamanca dan pentas Jala Rambangna Bantaeng.

“Saya harapkan kedepan, agar SCN ini bisa memunculkan kembali musik tradisional dan budaya lokal, seperti Tunrung Pakanjara, Tunrung Tallua, Ganrang Pamanca dan pentas Jala Rambangna Bantaeng”. Ucap Sukarman yang juga selaku tokoh Seni di Bantaeng.

Ia pun menambahkan, bahwa dirinya merasa terpanggil untuk ikut bergabung dengan Seniman Celebes Nusantara karena melihat kinerja dan keinginan organisasi SCN dalam melestarikan seni dan budaya lokal.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Petua Seni Bantaeng, Abd Azis atau yang biasa dipanggil Opa. Dirinya dengan senang hati bergabung di SCN disebabkan visi dan misi dari organisasi ini serta slogannya bukan sekedar kata kata, tapi mampu dilaksanakan oleh para pengurus SCN, salah satunya dengan pelaksanaan pentas Seni Musik tradisional yang dilaksanakan di Balla Lompoa Bantaeng pada hari selasa 25 agustus 2020 yang lalu.

Dirinya pun merasa bahagia bisa diajak bergabung di Seniman Celebes Nusantara (SCN) sekalipun umurnya tidak muda lagi, tapi jiwa seninya begitu terpanggil melihat pemuda pemudi yang ada di SCN begitu bersemangat untuk memajukan seni dan budaya lokal di tanah Air.

(**)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *