Rapat Paripurna Pembahasan RPJMD Kabupaten Bulukumba

oleh
Rapat Paripurna DPRD Bulukumba pembahasan RPJMD,Kamis (18/8)-DOK.SUARALIDIK
Rapat Paripurna DPRD Bulukumba pembahasan RPJMD,Kamis (18/8)-DOK.SUARALIDIK

 

SUARALIDIK.com,BULUKUMBA- Rancangan peraturan daerah rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Bulukumba Tahun 2016-2021, disusun berdasarkan visi dan misi Bupati Kabupaten Bulukumba, sekaligus berfungsi sebagai dokumen perencanaan yang mengakomodasi sebagai aspirasi masyarakat yang ada dalam lingkup wilayah Kabupaten Bulukumba.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Bulukumba,AM.Sukri Sappewali dalam sambutannya pada rapat paripurna penjelasan RPJMD Tahun 2016-2021 di Gedung DPRD Bulukumba,Kamis (18/8/2016).

Sidang yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bulukumba Hamzah Pangki didampingi wakil ketua 1, Syamsir Paro serta dihadiri anggota DPRD Bulukumba dan kepala SKPD/FKPD bersama Sekda Bulukumba Bau Amal,Kapolres AKBP Selamat Rianto, Kejari Muh.Ikhsan dan Kasdim 1411 Bulukumba,Mayor Arm. Arfan.T

Adapun yang di bahas dalam rapat paripurna yaitu rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bulukumba Tahun 2016-2021 antara lain : 1. Terkait subtansi materi muatan Ranperda 2. RPJMD merujuk pada UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah 3.Peraturan pemerintah daerah No.8 tahun 2008 tentang tahapan penyusunan dan pengendalian dan pelaksanaan pembangunan daerah dan peraturan menteri dalam negeri no 54 thn 2010.

Bupati AM.Sukri menyampaikan pemerintah kabupaten Bulukumba akan menyerahkan rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 untuk dilakukan pembahasan oleh DPRD Kabupaten Bulukumba

” Pengajuan Ranperda merupakan kewajiban konstitusional penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan amanat pasal 65 ayat (1) huruf c UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa kepala daerah menyusun dan mengajukan perda ttg RPJPD dan rancangan perda tentang RPJMD kepada DPRD serta menyusun dan menetapkan RKPD bentuk distribusi yang diberikan berdasarkan ketentuan per UU” ujar Sukri Sappewali.

Fungsi dan kedudukan RPJMD mempunyai posisi strategis dalam menjamin pembangunan kabuoaten Bulukumba dalam kurun waktu 5 tahun sebagai induk perencanaan 5 tahun yang menjadi acuan bagi satuan kerja perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang merupakan dasar dalam penyusunan kebijakan umum dan anggaran pendapatan daerah.

Penulis : Muhardi
EDITOR: Andi Awal-SuaraLidik