Ratusan Karyawan Lonsum Kembali Unjuk Rasa Tuntut Haknya Pasca di PHK

oleh
Massa aksi temui menejer Lonsum Bulukumba, Etate Balombessie.

BULUKUMBA, Suaralidik.com — Ratusan karyawan PT. London Sumatera (Lonsum) Tbk Indonesia, EtatebBalombessie, kembali berunjuk rasa menuntut pesangon mereka segera dibayarkan perusahaan pasca kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Senin (3/7/17).

Sambil berorasi, massa PHK PT. Lonsum Etate Balombessie dan Estate Palangisang yang berjumlah 100 orang karyawan itu meminta haknya, yakni bonus tahunan 2016 lalu, yang sampai saat ini belum diberikan tanpa ada alasan yang jelas.

Massa aksi temui menejer Lonsum Bulukumba, Etate Balombessie.

“Bonus tahunan wajib hukumnya dibayar oleh pihak perusahaan karna kita pernah kerja satu tahun penuh di 2016 bahkan lebih dua bulan kami kerja di tahun 2017,” ujar Bahar Jumalang, salah seorang peserta aksi.

Sementara, Maneger Estate Balombessie Osten Panjaitan mengatakan, terkait bonus tahunan dirinya tak punya kewenangan, yang menentukan adalah pusat.

“Saya tidak mempunyai kewenangan memberikan bonus tersebut, bahkan saya kurang tahu tentang bonus itu, yang punya kewenangan sepenuhnya adalah kantor pusat,” Ungkap dia saat menerima aspirasi massa di Kantor Estate Balombessie.

Namun ditengah perundingan dengan pihak PT. Lonsum, salah seorang demosntran, Asdar Sakka Membantah apa yang dikatakan oleh Manejer Estate Balombessie.

“Mana mungkin sebagai Manejer perusahaan tidak mengetahui terkait itu bonus tahunan itu, bukan kah kita semua mengetahui bonus tahunan itu setiap bulan April harus dibayarkan oleh pihak perusahan kepada karyawan,” Tegas Asdar.

Selain itu, massa mengancam jika pihak perusahaan tidak memberikan keputusan pada hari yang memuaskan, maka aksi akan dilanjutkan di Kantor Bupati Bulukumba dan Kantor DPRD Bulukumba Selasa (4/7/17) besok.


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama