banner 728x250

Renungan Ramadhan Hari ke 30 Ramadhan : Kedatanganmu dan Kepergianmu Ditangisi

  • Bagikan
Ramadhan datang dan saatnya untuk pergi.

Suaralidik.com – Semangat beribadah di bulan suci Ramadhan meningkat, mengkhatamkan Al-Qur’an memperbanyak dzikir . Berdiam di rumah selama pandemi corona tidak menghalangi kita memperbanyak ibadah-ibadah sunnah. Kondisi tidak senyaman tahun-tahun sebelumnya karena ada kebebasan beraktifitas dan semua masjid terbuka. Di akhir 10 Ramadhan ada jamaah bermalam di masjid alias ‘itikaf. Namun sekarang tidak bisa itu dilakukan maka fokus ibadah lebih banyak di rumah.

banner 728x250

Ramadhan akan meninggalkan kita ketika ia datang kita meneteskan air mata dan ketika ia pergi kita pun meneteskan air mata. Corona bukan penghalang memperbanyak hubungan vertikal kita dengan Allah ( ุญุจู„ ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ) yang berkurang adalah hubungan horizontal dengan manusia ( ุญุจู„ ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ ) . Karena penyebaran penyakit lewat manusia maka lahirlah kebijakan Pemerintah social distancing dan physical distancing ( jaga jarak ). Ini bisa disiasati dengan media sosial meskipun tidak bersentuhan langsung tapi komunikasi jalur udara tetap lancar.

Suasana berbuka dan sahur selalu dirindukan bersama keluarga menikmati hidangan yang dihidangkan. Ada kebahagiaan yang tidak bisa dirasakan kecuali di bulan Ramadhan detik-detik penantian berbuka dengan dentuman beduk atau suara serine lewat loud speaker masjid. Rasulullah SAW dalam sabdanya ada 2 kebahagiaan orang berpuasa

ู„ูู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ููŽุฑู’ุญูŽุชูŽุงู†ู: ููŽุฑู’ุญูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ููุทู’ุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽููŽุฑู’ุญูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ู„ูู‚ูŽุงุกู ุฑูŽุจู‘ูู‡ู

Artinya, โ€œOrang yang berpuasa akan meraih dua kegembiraan, kegembiaran ketika berbuka puasa/berhari raya, dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya,โ€ (HR Muslim).

Di dalam hadits lain Rasulullah SAW menyampaikan bahkan orang-orang beragan-agan Ramadhan sepanjang tahun.

ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ู„ูˆ ุนู„ู… ุงู„ู†ุงุณ ู…ุง ููŠ ุฑู…ุถุงู† ู„ุชู…ู†ูˆุง ุงู† ุชูƒูˆู† ุงู„ุณู†ุฉ ูƒู„ู‡ุง ุฑู…ุถุงู† ( ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ )

Rasulullah bersabda: โ€œSekiranya orang-orang mengerti kebaikan-kebaikan yang ada di bulan Ramadhan, pasti umatku selalu berangan-angan agar sepanjang tahun menjadi Ramadhanโ€ (HR. Thabrani )

Dari Salman al-Farisi, dia berkata: Pada hari terakhir bulan Syaban, Rasulullah memberikan khotbah kepada kami: โ€Hai sekalian manusia, sungguh kalian telah dinaungi oleh bulan yang agung dan penuh berkah. Di dalamnya ada lailatul qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasa pada bulan itu sebagai kewajiban, sedangkan salat malamnya sebagai amalan sunnah. Siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan satu saja macam kebaikan di bulan itu, nilainya seperti melakukan amalan wajib di bulan lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran, dan sabar balasannya adalah surga. Ramadhan juga bulan tolong-menolong, bulan di mana rezeki orang mukmin ditambah. Bulan Ramadhan itu, awalnya adalah rahmat, pertengahannya penuh ampunan, dan akhirnya adalah pembebasan dari nerakaโ€.

Ramadhan dapat disimpulkan di tengah pandemi corona, mengajarkan kepada kita untuk lebih banyak bermuhasabah ( menghitung-hitung ) tentang diri kita yang masih diselimuti berbagai penyakit terutama penyakit hati. Penyakit ini dapat diobati dengan memperbanyak dzikrullah ( mengingat Allah ), beristighfar dan merenungi dosa-dosa yang telah kita lakukan..Pada diri manusia terkadang timbul perasaan paling benar, paling pintar dan tidak mengakui kekurangan dirinya. Kalau ini terjadi menjadi awal malapataka bagi kehidupan manusia.

Dengan berlalunya Ramadhan kebiasaan- kebiasaan selama Ramadhan dapat dilanjutkan di luar Ramadhan . Ramadhan hanya 1 bulan ( 29 /30 hari ) akan tetapi nilai-nilai Ramadhan dapat bernilai satu tahun.Tergantung bagaimana kita menangkap dan memaknai Ramadhan. Kita akan kembali suci seperti anak bayi yang lahir .

ุชู‚ุจู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ุง ูˆู…ู†ูƒู… ุตูŠุงู…ู†ุง ูˆุตูŠุงู…ูƒู… ูˆุฌุนู„ู†ุงุงู„ู„ู‡ ู…ู† ุงู„ุนุงุกุฏูŠู† ูˆุงู„ูุงุกุฒูŠู† ูƒู„ ุนุงู… ูˆุงู†ุชู… ุจุฎูŠุฑ

Semoga Allah menerima amal kebajikan kami dan anda semua , menerima puasa kami dan puasa anda semua dan Allah menjadikan kita kembali suci dan meraih kemenangan setiap tahun kamu tetap dalam keadaan baik.(M.Shodiq Asli Umar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *