Resmi Ditutup, Bupati Boltim Sebut Jumbara ke VIII Paling Menarik

oleh
Bupati Boltim, Shaan S Landjar pada saat penutupan Jumbara PKK ke VIII Kab. Bolmong Timur
Photo : Bupati Boltim, Shaan S Landjar pada saat penutupan Jumbara PKK ke VIII Kab. Bolmong Timur

Boltim – suaralidik.com,  Pelaksanaan Jumbara PKK ke VIII Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang dipusatkan di lapangan olahraga desa Mototompiaan, Kecamatan Mooat, dinilai Bupati Boltim Sehan Landjar SH sebagai Jumbara yang paling menarik selama 8 tahun terakhir pelaksanaan kegiatan tersebut. Tak hanya itu, diakui Bupati Jumbara ke VIII telah berjalan sukses meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Kesuksesan itu, kata Dia, tidak lepas dari kerjasama semua unsur baik panitia kabupaten, panitia lokal, pihak keamanan Polri & TNI. “Paling utama adalah kekompakan masyarakat 10 desa se Kecamatan Mooat yang selalu menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban wilayah selama proses pelaksanaan kegiatan berlangsung,” kata Bupati saat menutup secara resmi Jumbara ke VIII, Sabtu (10/11).
Bupati juga berpesan agar pelaksanaan Jumbara tidak dinilai hanya dari kemenangan terhadap keikutsertaan dalam lomba-lomba, tapi yang utama adalah nilai silaturahmi, kegotongroyongan, kekeluargaan dan lebih jauh lagi, pada nilai-nilai kehidupan sosial masyarakat untuk selalu satu dan utuh walaupun status sosial beragam. “Harus diambil nilai positifnya untuk dijadikan tolok ukur untuk dikembangkan kedepan menjadi manfaat besar kepada seluruh masyarakat yang ada di desa. Segala sesuatu yang telah diperoleh yang bernilai positif untuk dapat diejahwantahakan dalam kehidupan bermasyarakat di desa masing-masing. Nilai persahabatan nilai persaudaraan, nilai kebersamaan kita, adalah satu hal yang lebih besar dr segala-galanya,” urai Bupati.

Tak lupa Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana yang telah memberikan sumbangsi dan bantuan dalam menyukseskan Jumbara PKK ke VIII. “Lebih khusus kepada Ketua TP PKK Boltim Ny Nursiwin Dunggio dan Wakil Ketua Ny Titiek Susanti Mamonto yang tidak lelah-lelahnya terus melakukan inovasi dan berkreasi dalam menelurkan program-program baru untuk kemajuan sumber daya perempuan di daerah ini,” tutur Bupati yang juga Ketua Pembina TP PKK Boltim.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Jumbara PKK tahun 2018, Ny Titiek Susanti Mamonto juga turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kecamatan Mooat, Camat, Sangadi dan Aparat Desa, serta generasi muda se Kecamatan Mooat yang sudah memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik selama Jumbara berlangsung. “Mooat telah memberikan yang terbaik untuk kami. Terima kasih atas fasilitas, kemanan dan kenyaman yg masyarakat Mooat berikan kepada seluruh peserta Jumbara se Kabupaten Boltim,” ujarnya.

Dia menambahkan, Jumbara yang mengusung tema ‘PKK menggerakan Kehidupan berkoperasi sebagai pilar ekonomi kerakyatan’ telah dilaksanakan selama 6 hari sejak tanggal 5 hingga 10 November. Sejumlah pelayan kepada masyarakat juga dilaksanakan diantaranya perekaman e-KTP, akta lahir dan akta kematian. Tercatat sebanyak 120 e-KTP, 65 KK, 20 lembar akta lahir, dan 2 lembar akta kematian, dicetak selama kegiatan berlangsung. “Jumbara tahun ini diikuti 2.545 kader PKK se Boltim. Adapun lomba yg dilaksanakan antara lain lomba stand pameran TP PKK desa, lomba sepak bola mini, lomba pasutri, lomba penyuluhan UP2K PKK, lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman, lomba poco-poco nusantara, lomba ratu lansia, workshop tentang kabupaten sehat, workshop kabupaten layak anak, workshop tatacara berkoperasi,y seminar nasional pendidikan, sosialisasi sadar wisata, pelayanan kesehatan mata dan kesehatan gratis, pelayanan KB gratis, pelatihan tanggap darurat bencana dan sejumlah kegiatan lainnya,” pungkas Isteri Wakil Bupati Boltim ini. Kegiatan diakhiri dengan pesta rakyat yang ikut diramaikan artis ibukota Putry Jubi.(***bob/TUP HUMAS & PROTOKOL)