Resmikan Rumah Perubahan, RG Sentil Peringkat Kemiskinan Gorontalo

oleh -
Wakil Ketua DPR RI
Foto : Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel saat meresmikan Rumah Perubahan Rahmat Gobel, Kamis (26/12),(foto Thoger/Suaralidik.com).

LIMBOTO, Suaralidik.com – Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel menyentil peringkat kemiskinan provinsi Gorontalo yang dinilai tetap bertahan di peringkat 4 nasional sebagai provinsi termiskin di Indonesia.

“19 tahun yang lalu kita ingin menjadi sebuah provinsi dan pisah dari Sulawesi Utara, karena ingin maju dan lebih baik dalam pembangunan. Tapi kenyataannya terus merosot menjadi daerah termiskin yang ke 4 tingkat nasional,” kata Wakil Ketua DPR RI saat meresmikan Rumah Perubahan Rahmat Gobel, di kecamatan Limboto, Kamis 26/12/2019 .

“Kalaupun ada yang mengatakan pembangunan ekonomi terus tumbuh, untuk siapa tumbuhnya pembangunan ekonomi itu? Sementara data kemiskinan itu masih melekat pada daerah kita. Saya tidak mengatakan kita miskin, tapi itu data dari media nasional yang mempunyai tim sendiri dalam melakukan survei,” sambung Rahmat Gobel.

Pria yang sering disapa kaka RG ini mengungkapkan mengapa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberi kepercayaan kepada dirinya sebagai wakil ketua DPR RI, karena keinginan atau harapan dari Surya Paloh Gorontalo lebih baik lagi kedepannya.

“Harapan beliau, dengan hadirnya NasDem di Gorontalo ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Gorontalo yang sebelumya 5 termiskin menjadi 5 termamur di Indonesia. Kita disini mungkin tidak merasakan, tapi 1 atau 2 kilometer kedalam kita akan melihat peta sebetulnya kemiskinan-kemiskinan yang ada,” tegas RG.

“Mungkin karena sudah terbiasa dengan keadaan seperti ini, maka kita menganggapnya hal yang biasa saja. Jika kita tidak memahami atau menyadari situasi ini, saya tidak tau masa depan anak cucu kita semua. Akankah mereka bangga menjadi anak Gorontalo, ataukah mereka akan terbebani oleh kemiskinan yang kita pelihara di Gorontalo,” lanjut RG.

“Bagaimana hak rakyat terhadap air bersih, hak anak-anak sekolah yang lebih baik, hak kesehatan masyarakat yang benar dan bisa melayani. Bukan sekedar membangun rumah sakit, tapi bagaimana pelayanan yang harus diberikan untuk memenuhi kebutuhan hak rakyat,” terang RG.

RG mengaku, hal ini yang membuat keprihatinannya sangat luar biasa untuk Gorontalo. Dirinya mengatakan memang tidak pernah tinggal di Gorontalo, dan datangnya pun kadang-kadang saja, jika mau berziarah.

“Kebetulan karena kampanye kemarin, pada kesempatan itu saya banyak melihat langsung keluhan masyarakat yang dialami mereka di daerah-daerah, di desa-desa yang jauh dari pusat kota ini sendiri. Mungkin karena saya banyak bercerita, pak Surya Paloh menugaskan saya untuk bisa memainkan peran sebagai Wakil Ketua DPR RI agar menyelesaikan persoalan di daerah ini,” terang RG.

“Jadi ini bukan jabatan sembarang. Oleh karena itu ketika saya dipercayakan, saya berjanji bahwa saya harus menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan mengamalkannya. Bukan hanya menjalankannya sebaik-baiknya, tapi mengamalkan semua apa yang kita dapatkan dari jabatan itu sendiri,” kata RG.

“Tidak langsung gagah-gagahan, perintah sana perintah sini. Justru lebih sering turun kelapangan menggali apa persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Kalau kita tidak atasi, jangan kita bebankan kepada anak cucu kita. Kita harus bangun anak-anak Gorontalo sebagai pemegang tongkat estafet kita semua. Supaya mereka bisa menjadi pemimpin yang besar,” imbuh RG.(Rollink).

HUT Kabupaten Pinrang Ke-60