banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Ribuan Keturunan Raja Bone XVI Hadiri Pertemuan Akbar

Pembukan Pertemuan Raja Bone ke VXI, Yang Berlangsung di Planet Cinema, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kabupaten Bone, Sabtu (20/11/2021).

Bone, SuaraLidik.com – Pertemuan Akbar se-Dunia Wijanna keturunan Puatta Lapatau Matanna Tikka Matinroe ri Nagauleng, yang di gelar di Planet Cinema, Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Acara yang bertajuk Pertemuan Akbar se-Dunia ini, untuk mempersatukan dan memperat ikatan keluarga Wijanna Puatta Lapatau Matanna Tikka Matinroe ri Nagauleng, serta mengenal dan mengenang para leluhur, sejarah dan para pemangku kerajaan yang dirangkai dalam bahasa sastra lisan bugis.

La Patau Matanna Tikka ( lahir pada tanggal 03 November 1672 dan wafat pada tanggal 16 September 1714 ) adalah Sultan Bone XVI yang menjabat pada tahun (1696 -1714.) menggantikan Arung Palakka. Gelaran nama panjang La Patau adalah La Patau Matanna Tikka, Sultan Alimuddin Idris, Walinonoe To Tenribali Malae Sanrang, Matinroe ri Nagauleng.

Ratusan keturunan Raja Bone Ke XVI ini, memiliki agenda cukup meriah dan dihadiri beberapa petinggi Pemkab Bone dan beberapa bupati dari luar kabupaten Bone, serta rekan media lokal ,maupun media online dari kota makassar, yang berlangsung selama dua hari, sejak acara Sabtu-Minggu, (20-21/11/2021).

Sejumlah susunan acara mulai dari Pameran Benda Pusaka, persembahan kesenian seperti Maggiri, Tudang Sipulung hingga Ziarah Kuburan La Patau Mattanna Tikka Matinroe ri Nagauleng di Kecamatan Cenrana.

Koordinator Humas dan Publikasi, Fadli Andi Yusuf mengatakan, acara ini akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, dan dihadiri ratusan keturunan Puatta dari berbagai belahan daerah di Indonesia.

Walaupun persiapan acaranya cukup mepet, namun para peserta pameran dengan pemerharti benda pusaka dari berbagai daerah luar kabupaten di Sulawesi Selatan, turut serta untuk mengambil bagian dalam rangkain acara yang diselenggarakan oleh panitia.