Kemana Anggaran Rp 41M RS Tipe B Kota ParePare????

oleh

Gedung Rumah Sakit

SUARALIDIK.com, Parepare- Warga Kota Parepare secara umum dan warga Tonrangeng Kelurahan Lumpue Kecamatan Bacukiki Barat secara khususnya, mempertanyakan kelanjutan pembangunan Rumah Sakit Tipe B plus pendidikan, yang tampak saat ini terhenti dan tidak menunjukkan adanya keinginan untuk kelanjutan pembangunan tersebut.

Diketahui proyek ini bersumber dari DAK tambahan APBN tahun 2015 dengan menelan anggaran sebesar Rp 41 Miliar, dimana dalam struktur bangunan berlantai tujuh, sementara bangunan yang sekarang baru berlantai tiga, dan saat ini dibiarkan begitu saja yang seakan menampakkan pemborosan anggaran.

Kalau selama ini kadang kita pernah mendengarkan tentang Kasus Pembangunan di Hambalang yang mana telah memboroskan anggaran begitu besar, sehingga berdampak pemeriksaan yang terindikasi Korupsi. Dan mungkin hal ini perlu pula ditelusuri oleh Pihak terkait yaitu Kepolisian dan Kejaksaaan yang telah mendapat mandat dari undang-undang dalam menelusuri indikasi-indikasi Korupsi, yang khusus terjadi pada pembangunan Rumah Sakit Tipe B plus Pendidikan tersebut.

Pemerintah Kota Parepare saat ini pun terkesan tutup mata dan bisu terkait mandegnya  Tata Kelolah Anggaran yang diamanatkan kepadanya. Sehingga masyarakat pun bertanya ” Kemana Anggaran Miliaran dari pembangunan Rumah Sakit??????”

Pembina LSM Lidik Sulsel ,Acha kepada SuaraLidik.com,Jumat (12/8/2016) siang mengatakan Pemerintah Parepare sangat tertutup dalam menjabarkan APBDnya, sehingga ada kesan Pemerintah melanggar undang-undang Keterbukaan Informasi Publik nomor 18 tahun 2008, dimana dalam penjabaran UU tersebut setiap warga negara mempunyai hak untuk mengetahui apa dan bagaimana kebijakan pemerintahan yang ada

“ Oleh karena itu saya melakukan penyuratan kepada Sekertaris Dewan untuk meminta penjelasan terkait pengelolaan APBD Parepare, namun mereka menyarankan untuk melakukan balasan surat  ke Dinas Komunikasi dan Informasi ( Kominfo) Pare Pare yang dianggap lebih layak memberi juknis APBDnya” Celoteh Acha.

LSM Lidik Pare-Pare bersama masyarakat mempunyai harapan besar agar Pihak Kepolisian dan Kejaksaan untuk melakukan Penulusuran Pembangunan RS tipe B plus Pendidikan ini.

 

Penulis : Doel

Editor : Andi Awal/ SuaraLidik