RSUD Dunda Limboto Sukses Gelar Operasi Cangkok Tulang

oleh -
RSUD Limboto
Foto : Persiapan pelaksanaan operasi cangkok tulang oleh dokter spesialis RSUD Dr. M.M., Dunda Limboto,(foto dok. Humas).

LIMBOTO, Suaralidik.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M.M., Dunda Limboto berhasil melakukan operasi cangkok tulang terhadap seorang pasien yang mengalami patah tulang, Senin 09/09/2019.

Pasien tersebut merupakan warga Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara atas nama Suwarno Djeko (45) yang telah mengalami patah tulang sejak dua tahun yang lalu.

Foto : Tim medis RSUD Dr. M.M., Dunda Limboto, saat sebelum melakukan operasi,(foto dok. Humas).

Dokter bedah tulang dr. Irawan Huntoyungo, Sp.O.T., menjelaskan, operasi tersebut adalah memindahkan atau mencangkong tulang dari betis ke paha, dan operasi yang biasa di ortopedi hanya kejadian seperti ini jarang di Gorontalo.

“Saya pun melakukannya di Gorontalo empat tahun yang lalu, ini yang kedua kalinya. Boleh dikatakan operasi paling terbesar di Gorontalo karena memindahkan tulang betis ke tulang paha,” jelas dr. Irwan.

“Kasusnya karena pasien ini waktu patah tulang tidak dilayani oleh tenaga medis hanya ke dukun dulu, sehingga tidak terjadi penyambungan tulang yang bagus.” sambung dr. Irwan.

Dirinya juga mengungkapkan proses penyambungan tulang tersebut hanya butuh beberapa waktu saja, hanya saja pasien selama satu tahun tidak tertangani dengan baik sehingga tulangnya tidak nyambung.

“Jadi proseduralnya kita cangkok untuk merangsang pertumbuhan tulang Insyaallah bisa berfungsi. Disamping dicangkok tulangnya kita tahan pakai inplan untuk mejaga posisi tulang yang tadi dicangkok tetap kuat.l,” ungkap dr. Irwan.

“Biasanya untuk pencakokan tulang ini harus keluar daerah, alhamdulillah di Gorontalo untuk pencakokan tulang sudah bisa dibuat sendiri,” lanjut dr. Irwan.(Rollink).