Rusdedy Akan Menerapkan Larangan Merokok di Lapas Pohuwato

oleh -233 views
Rusdedy
Foto : Kalapas Pohuwato Rusdedy,(foto Thoger/Suaralidik.com).

POHUWATO, Suaralidik.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Pohuwato, Rusdedy akan menerapkan larangan merokok bagi warga binaan, petugas lapas (sipir) maupun para pengunjung yang datang ke Lapas.

Hal ini diungkapkan Kalapas Rusdedy saat memimpin rapat bulan bersama seluruh staf dan pejabat di lingkungan Lapas Pohuwato., Jumat 06/12/2019.

“Instruksi ini tidak serta merta diberlakukan namun sebelum pemberlakuan larangan, dalam waktu dekat kami akan menyelenggarakan terapi sosial berhenti merokok bagi seluruh yang ada di Lapas,” kata Kalapas kepada awak media usai memimpin rapat Bulanan.

“Kami ingin ciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Banyak napi jatuh sakit karena kebanyakan merokok, yang tidak merokok pun bisa kena penyakit. Petugas harus menjadi teladan dan contoh bagi para napi untuk tidak merokok,” sambung Kalapas.

Rusdedy menjelaskan, ada beberapa ketentuan yang akan diberlakukan diantaranya melarang koperasi untuk menjual rokok, serta melarang petugas, tamu dan pengunjung membawa rokok kedalam Lapas.

“Semua akan kita geledah. Petugas yang tertangkap merokok akan dikenakan denda sesuai dengan kesepakatan yang akan kita buat. Sementara bagi napi dan tahanan yang kedapatan akan di karantina. Apabila yang tidak mampu berhenti, kita akan usulkan dipindah ke Lapas yang bebas merokok,” terang Rusdedy.

“Kami tidak meminta orang untuk tidak merokok, karena itu hak masing-masing orang. Tapi sebagai Kalapas saya bertanggungjawab menjamin kesehatan orang di lingkungan Lapas. Sehingga saya berwenang untuk melarang orang merokok di lingkungan Lapas,” kata Rusdedy.

Dirinya mengungkapkan, untuk pelaksanaan terapi Lapas Pohuwato bekerja sama dengan PPA LC Pohuwato menyelenggarakan bakti sosial terapi massal berhenti merokok, dengan tema  2020 Lapas Pohuwato sehat dan bebas adiksi.

“Kami akan menggandeng sang motivator kak Dedyn yang sudah berpengalaman melakukan terapi berhenti merokok di berbagai daerah untuk melakukan terapi,” ungkap Rusdedy,(Hitler).