Sah, KPU Bolmut Resmi Nyatakan HD-MURI Lolos di Jalur Independen

oleh

BOLMUT, Suaralidik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sulawesi Utara, resmi menyatakan salah satu pasangan calon kandidat Pilkada Bolmut 2018 yang maju melalui jalur perseorangan atau indrpenden, Hamdan Datunsolang dan Murianto Babay (HD-MURI) lolos atau memenuhi syarat sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmut.

Hal tersebut diungkapkan KPU Bolmut melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Calon Perseorangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 di Media Center Kantor KPUD Bolmut, Sabtu (30/12/2017).

HD-MURI dinyatakan lolos setelah KPUD mengesahkan dukungan sebanyak 6.103 dukungan e-KTP.

ketua KPU Bolmut, Faisal Husin mengatakan keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat pleno terbuka ini, 6 PPK se Bolmong Utara akan membacakan satu persatu hasil verifikasi vaktual yg di lakukang dengan metode sensus di 106 Desa dan 1 Kelurahan.

“Setelah 6 Kecamatan membacakan hasil plenonya, KPUD akan menyimpulkan dan akan mengesahkan hasil dan selanjutnya akan dimuat dalam berita acara”, Kata Faisal.

Di tempat terpisah, Murianto Babay Bakal calon Wakil Bupati pasangan Hamdan Datunsolang mengatakan, Dengan berhasilnya Tim HD-MURI lolos melalui jalur Independen dalam putusan pleno KPUD Bolmong Utara. Total KTP yang diserahkan ke KPU sebanyak 7014, setelah melalui verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terdpt 6113 yg memenuhi syarat dan 901 (TMS) yang tidak dapat ditemui serta menarik dukungan.

Dalam sidang pleno terakhir oleh KPUD bersama Panwas, masih ditemukan 10 orang yang baru meninggal dunia sehingga total adalah 6103 KTP yang masuk kategori MS, “jumlah tersebut jauh dari persyaratan regulasi 10% dari DPT terakhir yakni 5609 dukungan e-KTP,” ujarnya.

Seperti diketahui untuk lolos melalui jalur perseorangan di Kabuoaten Bolmong Utara harus mendapat dukungan e-KTP minimal 5.609.

Hadir dalam acara tersebut Panitia Pengawas Pemilihan Umum Bolmut, LO/Tim Penghubung Pasangan Calon Perseorangan HD-MURI berserta PPK.