Sambut Ramadhan, Harga Barito Meroket

oleh
Photo : Kadis Perindagkop Ramlah Mokodompis

Boltim, Suaralidik.Com –  Memasuki bulan suci ramadhan, harga bahan kebutuhan masyarakat seperti bawang, cabe (baca : rica), dan tomat meroket alias mengalami kenaikan.

Hasil pantauan pasar, di pasar Kotabunan,  Kamis (17/5/2018), harga rica sudah mencapai Rp 16 Ribu per Kilogram. Sebelumnya hanya 10 Ribu/Kg. Harga naik tersebut sudah berlangsung sejak dua minggu terakhir ini. Selain rica, harga komoditi bawang merah, bawang putih dan tomat juga naik.

Menurut Papa Arni salah seorang pedagang, jarga jual bawang merah harga naik dari Rp 58 Ribu menjadi Rp 60 Ribu/Kg. Batang bawang dari Rp 2 Ribu menjadi Rp 2500 Ribu per satu ikat. Bawang Putih sebelumnya 30 per Kilo Gram,  kini menjadi 40 per KG.  Harga Tomat dari Rp 10 Ribu per kilo naik 12 Ribu per kilo.

Dia menambahkan,  yang bakal naik dratis dipediksi yaitu harga telur ayam. Sebelumnya per-satu bak Rp 58 Ribu kini sudah menjadi Rp 65 Ribu.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Boltim, Ramlah Mokodompis yang dimintai tanggapanya mengakui adanya kenaikan harga dibeberapa bahan.

“Kalau harga naik, kita akan minta suplai dari daerah lain. Kenaikan harga itu tergantung penawaran dan permintaan. Bagi pedagang Barito di Boltim diimbau agar tidak menyuplai barang ke luar daerah. Sehingga stok kita bisa stabil,” kata Mokodompis.(***bobrm/iqb)

Abdul Nazaruddin

Rujadi

Mohamad Hidayat Panigoro

Andi Edy Manaf

H.Askar

Harris Pratama