Santap Makanan Ini Agar Payudara Anda Tetap Sehat

oleh

JAKARTA,SUARALIDIK.com- Hingga saat ini kanker Payudara masih menempati urutan pertama jenis kanker yang menyerang perempuan di seluruh dunia. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat digadang-gadang sebagai pemicunya.

Jika Anda ingin menurunkan risiko kanker payudara dan menjaga buah dada Anda tetap sehat, mengonsumsi makanan sehat berikut bisa menjadi pilihannya, seperti dilansir Prevention.

Ilustrasi
Ilustrasi-INT

1. Gandum

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi gandum terbukti efektif mengurangi berbagai gejala PMS salah satunya nyeri di bagian payudara. Perempuan yang mengonsumsi ekstrak gandum saat menstruasi juga mengalami penurunan kelelehan, peningkatan emosi, jantung berdebar-debar, sakit kepala, gangguan tidur.

2. Teh

Teh, minuman yang kaya akan antioksidan sering direkomendasikan sebagai obat alami untuk melawan berbagai penyakit termasuk menurunkan pertumbuhan sel kanker. Namun tentu saja teh yang Anda konsumsi hanya akan memberi manfaat lebih, tanpa ditambahkan gula sebagai pemanis.

3. Labu

Beta-karoten, pigmen yang berperan memberi warna oranye pada labu dan wortel ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi risiko benjolan akibat kanker payudara. Konsumsi labu setiap hari untuk mencegah risiko ini.

4. Bluberi

Bluberi telah terbukti dapat menurunkan pertumbuhan sel tumor payudara. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi 500 gram bluberi setiap hari. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung dalam bentuk buah, atau memilih makanan lainnya yang mengandung ekstrak bluberi.

5. Kedelai

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi daidzein dan genistein, dua senyawa yang ditemukan dalam kedelai, tahu, tempe, dan miso, berada pada risiko lebih rendah mengidap kanker payudara.

Studi juga menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu meringankan efek samping dari menopause, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung. Dan salah satu penelitian terhadap 9.514 penderita kanker payudara menemukan bahwa konsumsi kedelai membantu mencegah kekambuhan tumor.

Editor: Andi Awal-SuaraLidik