Save Pulau Sembilan Kab.Sinjai

oleh

Bagi pencinta keindahan alam, mungkin sudah sering mendengar nama sebuah pulau yang bernama pulau sembilan.

Pulau Sembilan itu adanya di kecamatan Pulau Sembilan. Jaraknya dari pusat kota Sinjai sekira 10 Mil laut. Sementara jaraknya dari dermaga Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, kecamatan Sinjai Utara sekira 3 Mil laut.

Di Pulau Sembilan terdapat 2 (dua) terusan. Bahkan kedua terusan ini sudah terhubung dengan jembatan penyeberangan yang panjangnya sekira 500 meter dengan lebar sekira 3 meter, dan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, terumbu karang yang memanjakan mata.

Pulau sembilan bisa menjadi destinasi wisata terkemuka di Sulawesi Selatan jika di jaga dan perhatikan dengan baik oleh pemerintah. Namun kini kenyataannya sekarang pulau yang indah ini telah tercemari tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Seorang warga pulau sembilan, Siraj, saat di komfirmasi via BBM menulis, “Save terumbu karang pulau sembilan, save anak cucu kita” dengan keadaan laut beserta ekosistem yang semakin hari semakin memprihatinkan bahkan, nyaris sikap pesimis muncul ketika kita coba memperhatikan dengan saksama atàs kerusakannya. Pertanyaan yang muncul kemudian, siapa yang merusaknya?, apakah masyarakatnya sendiri?, apakah nelayan yang menangkap ikan dengan cara-cara yang tidak dibenarkan oleh undang-undang atau pemerintah sendiri dalam hal ini pihak atau instansi yang terkait yg tidak memaksimalkan fungsi pengawasan dalam hal ini menutup mata dan melakukan proses pembiaran terhadap perusakan laut dan terumbu karang akibat dari penangkapan ikan yang tidak sesuai dengan prosedur yang di atur undang-undang. Tagline pemerintah Sinjai atau pihak instansi terkait menyuarakan tentang penegakan hukum secara tegas dan pelarangan nelayan yang menggunakan alat tangkap yang dilarang undang-undang, seperti itu yang sering di suarakan, tetapi diwaktu yang bersamaan masih banyak oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan perusakan laut….sebuah tanda tanya besar?”

Lanjut Siraj, “Kenyataan yang terjadi ketika kita betul-betul mencermati akan terlihat fakta yang ganjil dan patut kita curigai bahwa ada kongkalikong antara pihak-pihak tertentu dengan aparat, pihak instansi yang berwenang, dengan indikasi bahwa ada backup dari pihak yang berwenang, maka kesimpulan yang harus kita ambil, wajarlah kalau ada proses pembiaran yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Olehnya itu, kami masyarakat pulau sembilan, meminta kepada pemerintah kabupaten Sinjai bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai untuk lebih serius memperhatikan persoalan ini, karena pulau sembilan merupakan daerah yang bisa menjadi pusat wisata, karena potensi keindahan alamnya yang bisa bersaing dengan tempat pariwisata di kabupaten lain di Sulawesi Selatan, dan juga bisa meningkatkan Pendapatan Aset Daerah (PAD) Kabupaten Sinjai nantinya, demi keselamatan laut dan anak cucu kita, kami sebagai warga pulau sembilan memohon kepada pemerintah a

Terumbu Karang yang Indah, Pulau Sembilan Kab.Sinjai Sulawesi Selatan.
Terumbu Karang yang Indah, Pulau Sembilan Kab.Sinjai Sulawesi Selatan.
Pulau Sembilan Kab.Sinjai, Sulawesi Selatan.
Pulau Sembilan Kab.Sinjai, Sulawesi Selatan.

gar segera mengevaluasi pihak-pihak yang berwenang atau instansi yang menaganinya agar lebih di perhatikan Keutuhan Alam Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai”,-.Siraj, Tegasnya.

¤Anto Lidik#