banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

SDN Rappokalling 67/1 Melaksanakan ANBK Gelombang Pertama

Plt Kepala Sekolah UPT SPF SDN Rappokalling 67/1, Baharuddin, S.Pd, Bersama Siswa Kelas 5 Usai Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Senin (15/11/2021).

Makassar, SuaraLidik.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mulai melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari ini, Senin (15/11/2021).

Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini merupakan kebijakan yang dirancang sebagai pengganti ujian nasional (UN), dengan tujuan untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil melalui serangkaian tahapan.

Sistem ANBK merupakan sistem penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA dan SMK.

Khusus untuk tingkatan SD sendiri, ANBK akan dilakukan terhadap siwa kelas 5.

Menurut Plt Kepala Sekolah UPT SPF SDN Rappokalling 67/1 Baharuddin, S.Pd mengatakan, hari ini dimulai Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk gelombang pertama. Dan sekolah kami sendiri ikut melaksanakan ANBK gelombang pertama sesi 1 dan 2 terhadap siswa kami kelas 5.

“Jadi untuk jadwal ANBK sendiri, untuk gelombang 1 dan 2 dilaksanakan hari Senin-Kamis, 15-18 November 2021. Sementara untuk gelombang 3 dan 4 dilaksanakan hari Senin-Kamis, 22-25 November 2021,”ujar Baharuddin, Senin sore (15/11/2021).

“Untuk siswa kami sendiri yang mengikuti ANBK pada hari ini, berjumlah 30 siswa yang telah di acak oleh pusat,”ungkapnya.

Baharuddin menjelaskan, dalam pelaksanaan ANBK pada hari ini untuk gelombang pertama sesi 1 dan 2, dimulai dengan mata pelajaran Literasi.

“Jadi dalam mata pelajaran Literasi, terbagi 2, yaitu Literasi Teks Fiksi dan Literasi Teks Informasi. Jadi anak-anak kami dalam menjawab dan menyelesaikan soal, harus menemukan informasi, memahami, mengevaluasi dan merefleksi,”jelasnya.

Dalam pelaksanaan Asesmen pada hari ini, kami tetap menerapkan protokol kesehatan, khususnya kepada guru dan siswa kami sebelum memasuki ruangan.