SE Pemkot Kotamobagu: Tidak Boleh Gunakan Kendaraan Dinas Untuk Mudik

oleh
Sekda Kotamobagu
Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Adnan Masinae

Kotamobagu Suaralidik.com -Pemerintah kota (pemkot) Kotamobagu telah menerima edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur pada 5 Juni 2018 telah menerbitkan Surat Edaran Nomor B/21/M.KT.02/2018 tentang Penegakan Disiplin dalam Pelaksanaan Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.

Dalam edaran tersebut ada beberapa hal yang diatur, antara lain soal cuti bersama tidak mengurangi hak cuti tahunan PNS. Selain itu bagi PNS yang pada saat cuti bersama karena tugasnya harus memberikan pelayanan kepada masyarakat, misalnya Pegawai Rumah Sakit, Petugas Imigrasi, Bea Cukai, Lembaga Pemasyarakatan, dan lain-lain, sehingga tidak dapat melaksanakan cuti bersama, dapat diberikan tambahan cuti tahunan sejumlah cuti bersama tersebut.

“Dalam SE tersebut juga diatur larangan penggunaan fasilitas dinas, seperti kendaraan dinas untuk kepentingan kegiatan mudik,” kata Sekretaris Kota (Sekkot) Adnan Masinae, kemarin.

Soal penerimaan parcel atau hadiah lainnya, juga ditegaskan agar PNS dilarang menerima hadiah atau suatu pemberian apa saja dari siapapun yang berhubungan dengan jabatan dan/atau pekerjaannya. “Pemkot siap melaksanakan surat edaran tersebut,” kata Adnan.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sahaya Mokoginta membenarkan PNS dilarang menerima hadiah. “Iya itu memang sudah diatur,” katanya.

Soal cuti, ia menerangkan jika PNS tersebut tidak melaksanakan cuti sekarang karena tugas tertentu, tidak akan menghilangkan haknya untuk cuti dilain waktu. (***jul)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

Andi Edy Manaf

H.Askar

Harris Pratama