SEJUK Berkomitmen Untuk Keadilan Bukan Untuk Kepentingan Bisnis Maupun Politik

oleh
Sejuk Indonesia
Serikat Jurnalis Untuk Keadilan, Indonesia

Suaralidik.com, Bandung – Serikat Jurnalis Untuk Keadilan (SEJUK) merupakan sebuah organisasi jurnalis di Indonesia yang didirikan di kota Bandung pada awal Juni 2015 lalu telah berkomitmen untuk kehidupan Pers Nasional yang merdeka, profesional, bermartabat, dan beradab.

Sejuk Indonesia
Serikat Jurnalis Untuk Keadilan, Indonesia

Ekstensi SEJUK yang tergolong mudah ini ternyata mampu memberikan warna-warni tersendiri kepada Jurnalis yang sudah bergabung guna terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat, dan benar.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Umum SEJUK Ir Agung Sabur,Dipl,HE saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Workshop Photografi di Kota Bandung pada hari Jumat (14/7) pekan lalu.

Ketua Umum yang akrab disapa dengan Ketum Agung ini juga menambahkan dengan tegas jika SEJUK didirikan bukan untuk Kepentingan Golongan,Bisnis maupun Politik.

SEJUK senantiasa hadir untuk keadilan para Jurnalis se-indonesia,bukan untuk kepentingan politik,bisnis dan semacamnya, ini dibuat khusus semua yang berbrofesi sebagai jurnalis tanpa terkecuali dan ini adalah DNA kita pada hakikatnya sebagai jurnalis” tegasnya

Dengan penuh semangat di depan para Peserta Pelatihan, Agung Sabur yang juga mantan ketua RAPI Jawa barat ini berharap agar semua jurnalis melakukan pemberitaan yang berimbang,netral dan tidak diskrimatif untuk kepentingan Politik.

sekali lagi saya tegaskan, SEJUK bukan untuk kepentingan Politik, dan saya sendiri selaku pendiri sekaligus Ketua Umum SEJUK bukan orang politik ” lanjutnya.

Akhir sambutannya, Agung Sabur mengajak kepada semua pengurus SEJUK dan semua anggota yang sudah bergabung tanpa terkecuali agar tetap melakukan pengawasan secara bersama untuk mewujudkan cita-cita bangsa ini sebagaimana yang diamanatkan pada Pembukaan Undang Undang Dasar 1945.

Senada dengan Ketua Umum SEJUK, salah satu wartawan senior asal Bandung Maulana Setiawan yang ditemui langsung oleh pers suaralidik.com dikediamannya juga menyampaikan dengan tegas bahwa SEJUK bukan untuk kepentingan Politik apalagi Bisnis.

SEJUK ini didirikan sejak dua tahun lalu dan kini sudah menjadi salah satu organisasi yang setara dengan lembaga-lembaga lain yang bertujuan untuk mengembangkan dan melindungi kehidupan pers di Indonesia ” tutur wartawan senior ini dengan nada tegas.

Sejak bergulirnya Pilkada DKI tahun lalu,kini mulai bermunculan situs-situs berita yang banyak menerbitkan berita-berita HOAX untuk kepentingan politik. Wartawan Senior yang kerap disapa abang maulana ini terus berbicara seputar media di indonesia sesuai dengan hasil pengamatannya.

Apalagi membuat website berita sangat mudah saat ini, dengan modal domain 90ribu menggunakan CMS gratis dari blogspot atau WordPress kemudian memanfaatkan hosting gratis maka jadilah sebuah web pemberitaan secara online dan ini menjadi sebuah masalah besar juga di negeri ini karena publik tentunya akan mengalami kesulitan dalam membedakan antara Situs HOAX dengan situs berita yang sebenarnya ” jelas Maulana .

Menurutnya, SEJUK menjadi salah satu bagian dalam pengawasan terhadap situs-situs HOAX ini yang sangat berdampak fatal terhadap pembaca yang belum bisa membedakan informasi aktual. (BCHT SULSEL)