Sejumlah Orang Tua Siswa SD di Bulukumba Tertipu Puluhan Juta Oleh Oknum Mengatasnamakan Kepsek

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Sejumlah orang tua siswa di Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan mengaku di tipu puluhan juta oleh seorang oknum yang mengatasnamakan kepala sekolah.

Modus penipuan ini terbilang baru, pasalnya berkedok pendidikan untuk memperdaya korbannya.

Dengan kemasan beasiswa, sejumlah orang tua siswa di Sekolah Dasar (SD) 301 Kaluku Desa Benteng Palioi trauma akibat korban penipuan dengan iming-iming beasiswa senilai 1,5 juta rupiah.

Salah seorang korban, Lina (30) mengaku telah melakukan transfer ke rekening pelaku sebesar 20 juta rupiah.

“Sesuai arahan pelaku, saya masuk ke ATM dan mengirimkan uang yang diminta,” kata Lina saat ditemui di kediamannya, Desa Benteng Palioi. Kamis (10/817).

Sementara itu, ketua bidang Hukum dan Ham pemuda Muhammadiyah Bulukumba, Syarifuddin, yang turut mendampingi korban mengatakan, penipuan berkedok beasiswa menimpa orang tua siswa SD 301 Kaluku ini dengan cara mereka di telpon oleh seseorang dengan alasan anaknya menerima beasiswa senilai 1,5 juta rupiah.

“Banyak orang tua murid yang di telpon dan mereka terpengaruh karena penipu tersebut mengatas namakan kepala sekolah SD 301 Kaluku,” papar Syarifuddin.

Dia juga menambahkan, korban diarahkan oleh pelaku penipuan untuk menuju kota yang lokasinya pas depan PLN Cabang Bulukumba, serta di Kantor Dinas Pendidikan, untuk bertemu langsung.

“Namun saat korban telah berada di lokasi yang telah disebutkan, pelaku justru tidak berada di lokasi. Korban hanya diberi petunjuk untuk melakukan transfer dana ke rekening pelaku penipuan”, jelas Syarifuddin.

Kini kejadian tersebut telah di laporkan kepada pihak kepolisian dan menunggu untuk ditindak lanjuti, mengukap kasus ini.

“Di struk pengiriman sudah ada nama pelaku pemilik rekening,” tandas Syarifuddin.