Sejumlah Warga Keluhkan Beberapa Tambang Di Desa Manjalling

oleh
Tambang ilegal
Foto : Aktivitas salah satu tambang pasir di Desa Manjalling, Kecamatan Ujungloe, Kab. Bulukumba. Selasa (20/06/2017)

Bulukumba, Suara Lidik – Sejumlah warga Dusun Kailie dan Dusun Palattae, Desa Manjalling, Kec. Ujungloe, Kab. Bulukumba mengeluhkan keberadaan sejumlah tambang pasir. Pasalnya keberadaan sejumlah tambang pasir di wilayah tersebut sudah mulai merusak ekosistem lingkungan.

Tambang ilegal
Foto : Aktivitas salah satu tambang pasir di Desa Manjalling, Kecamatan Ujungloe, Kab. Bulukumba. Selasa (20/06/2017)

Menurut salah satu warga Dusun Palattae, Rijal kepada wartawan suara lidik mengungkapkan bahwa keberadaan sejumlah tambang yang tersebar di wilayah Desa Manjalling sudah sangat meresahkan warga.

Selain itu, lanjut Rijal bahwa sejumlah tambang tersebut tidak mengantongi izin operasional pernah dihentikan aktivitasnya, namun berselang beberapa hari, sejumlah tambang pasir tersebut kembali beroperasi.

Rijal juga menambahkan bahwa keberadaan tambang juga sudah mulai merusak jalanan warga akibat beban mobil truk pengangkut pasir tambang yang keluar masuk.

Tambang ilegal
Foto : Kondisi jalan tampak rusak parah akibat mobil truk tambang yang keluar masuk. Selasa (20/06/2017)

“Bisa kita liat sendiri pak, akibat keberadaan tambang jalanan sudah mulai hancur dan bahkan sudah ada beberapa rumah warga pekarangannya mulai terkikis” tegas Rijal.

Rijal juga menjelaskan, jika tidak ada tindakan serius dari pemerintah terkait keberadaan tambang di Desa Manjalling, dirinya berencana akan mengajak seluruh warga sekitar melakukan aksi demonstrasi setelah lebaran.

Niat Rijal mengajak seluruh warga untuk lakukan demo, karena dirinya sudah mulai jengah tidak adanya tindakan tegas dari pemerintah.

“Saya sudah jengah pak, mengirim surat ke beberapa instansi terkait, seperti ke Dinas Pertambangan, Kantor Lingkungan Hidup dan bahkan saya sudah sampaikan masalah ini langsung ke Bapak Wakil Bupati Bulukumba” tutup Rijal. (Insar, Awal Tiro).