,

Sekjen DPN LSM Lidik Pro Gandeng Yapinus dan Bank Mandiri Cabang UNM Makassar Bertolak Ke Malaysia Kunjungi Para TKI

oleh
Sekjen LSM Lidik Pro
Foto : Sekjen DPN LSM Lidik Pro Muh. Darwis bersama Ketua Umum Yapinus Firdaus Gigo dan Pimpinan Cabang Bank Mandiri UNM Makassar Muh. Ardhy sesaat sebelum bertolak ke Malaysia, Rabu (10/05/2017)

Makassar, Suara Lidik – Sekjen DPN LSM Lidik Pro bersama ketua umum Yayasan Peduli Insani Nusantara (Yapinus) serta pimpinan Bank Mandiri Cabang UNM Makassar hari ini, rabu (10/05/2017) go internasional kunjungi tenaga kerja indonesia yang bekerja di Malaysia.

Sekjen LSM Lidik Pro
Foto : Sekjen DPN LSM Lidik Pro Muh. Darwis bersama Ketua Umum Yapinus Firdaus Gigo dan Pimpinan Cabang Bank Mandiri UNM Makassar Muh. Ardhy sesaat sebelum bertolak ke Malaysia, Rabu (10/05/2017)

Sekjen DPN LSM Lidik Pro Muh. Darwis, bersama ketua umum Yapinus Firdaus Gigo serta Pimpinan Bank Mandiri Cabang UNM Makassar Muh. Ardi sebelum bertolak menuju Bandara Internasional Hasanuddin Makassar kepada suara lidik mengungkapkan bahwa  kunjungan kerja sama ketiga lembaga menuju negara Malaysia ini dalam rangka melakukan pendataa jumlah tenaga kerja nonprosedural yang saat ini masih ada yang bekerja di Malaysia sebagai TKI.

Menurut Sekjen DPN LSM Lidik Pro, Muh. Darwis, selain melakukan pendataan terkait keberadaan TKI nonprosedural, kunjungan yang dilakukannya bersama dua lembaga lainnya yakni Yapinus dan Bank Mandiri Cabang UNM Makassar juga terkait persoalan jaminan hak anak-anak TKI untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

“Selain kami akan data jumlah tenaga kerja kita yang tidak memiliki dokumen resmi, kami juga akan mengkomunikasikan kepada sejumlah perusahaan yang ada disana terkait hak anak para TKI kita untuk mendapatkan pendidikan yang layak” Jelas Muh. Darwis saat di konfirmasi melalui via telepon.

Senada dengan Sekjen DPN LSM Lidik Pro, Ketua Umum Yayasan Peduli Insani Nusantara (Yapinus) Firdaus Gigo juga mengungkapkan bahwa tujuan dilakukannya kunjugan tersebut sebagai bentuk publikasi kerja nyata kepada pemerintah untuk senangtiasa mendorong langkah-langkah kongkrit dalam mencegah pemberangkatan tenaga kerja nonprosedural atau biasa dikenal dengan istilah TKI ilegal.

“Ya… harapan kita kedepan melalui kunjungan yang kami lakukan ini kiranya dapat menggugah hati pemerintah, paling tidak ada langkah  kongkrit dan paling tepatr dalam hal menangani persoalan-persoalan TKI ilegal” Ujar Firdaus Gigo

Sementara Muh. Ardhy Pimpinan Cabang Bank Mandiri UNM Makassar mengatakan bahwa keinginannya untuk ikut bersama kedua lembaga swadaya masyarakat itu yakni LSM Lidik Pro dan Yapinus adalah untuk mengajak sejumlah perusahaan yang ada di Malaysia yang mempekerjakan tenaga kerja dari indonesia untuk bekerja sama dengan pihak Bank Mandiri dalam pengupahan atau penggajian karyawan yang bekerja disana dapat di masukkan ke Bank Mandiri.

“ini sebuah kepercayaan besar terhadap  Bank Mandiri terhadap LSM Lidik Pro Rakyat Nusantara dan Yayasan Peduli Insani Nusantara untuk bersama-sama berkonstribusi memperhatikan Nasib para TKI kita khususnya yang berkerja diMalaysia’ Tutup Muh. Ardhy. (Bandhys/BCHT)