banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Berita  

Sekjend Lidik Pro Meminta Pihak Imigrasi Agar Tidak Proses PMI Tanpa Rekomendasi

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat (Lidik Pro) Nusantara, Muh. Darwis K.

Makassar, SuaraLidik.com – Sekretaris Jendral (Sekjend) Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat (Lidik Pro) Nusantara, Muh. Darwis K mengatakan, dalam rangka memberi kemudahan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam memperoleh dokumen keberangkatan paspor yang saat ini sudah mulai ramai, di karenakan adanya wacanya akan dibukanya portal batas negara Malaysia untuk menerima pekerja.

Maka dari itu, Muh. Darwis menjelaskan, sejumlah perusahaan yang ada melakukan proses paspor bagi calon pekerja migran yang siap di berangkatkan ke negara Malaysia yang saat ini jumlahnya sudah mencapai ribuan orang.

“Olehnya itu, saya tegaskan agar pihak Imigrasi jangan coba-coba bermain melakukan paspor tanpa rekomendasi, karena ini bisa berdampak pada penyalahgunaan paspor oleh oknum sindikat yang memasok pekerja non-prosedural masuk negara Malaysia,” tegasnya.

“Saya meminta agar Kepala Imigrasi Kota Makassar untuk rajin melakukan sidak atau memeriksa anggotanya yang disinyalir akan melakukan paspor tanpa rekomendasi,” jelas Muh. Darwis K kepada awak Media Suara Lidik, Rabu (16/03/2022).

Sekjend Lidik Pro sangat mengapresiasi langkah-langkah Kepala Kantor Imigrasi Kota Makassar yang telah memberi ruang bagi calon pekerja migran. Dan ini juga merupakan salah satu upaya pencegahan dan pemasukan bagi negara.

“Saya berharap agar semua tim yang terlibat baik sebagai tim pencegah maupun Satuan Tugas (Satgas) sikat sindikat untuk mengawasi jalannya prosesi kantor Imigrasi Kota Makassar,” jelasnya.

Di akhir penyampaiannya, Muh. Darwis K meminta kepada DPP Lidik Pro Provinsi Sulsel, untuk melakukan audiens kepada Kepala Imigrasi Kota Makassar.(*)