Sekolah Kejuruan di Banyuasin Ini Butuh Perhatian Pemerintah

oleh

BANYUASIN, Suaralidik.com — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, merupakan salah satu sekolah kejuruan yang bisa dikategorikan sekolah berprestasi.

SMK ini berdiri sudah hampir tiga tahun, pada pertengahan Tahun 2015 lalu hingga 2017 sekarang.

Sederet rekam jejak penuh prestasi, ditorehkan sekolah ini, pada awal ajaran baru Tahun 2015/2016 lalu, rupanya sekolah ini hanya memiliki 96 siswa saja. Kemudian pada tahun ajaran baru 2016/2017, jumlahnya naik hampir dua kali lipat menjadi 185 siswa.

Hingga kemudian pada tahun ajaran baru 2017/2018 ini, kembali mengalami kenaikan jumlah siswa secara signifikan menjadi 347 anak didik.

Sementara itu, tak luput dari keberhasilan sekolah ini terdapat sosok seorang kepala sekolah yang menjadi peranan penting dari kemajuan sekolahan tersebut. Aliyas, sang kepela sekolah rupanya memiliki bekal pengalaman yang luar biasa sebagai seorang guru dan lalu menjabat kepala sekolah.

Harapan demi harapan dicurahkan oleh kepala sekolah SMKN 1 ini untuk merubah kondisi sekolah yang semakin baik sampai sekarang ini.

Torehan itu tentu diharapkan dapat menjadi perhatian khusus bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, untuk mendukung peningkatan kualitas SMK ini.

Meski berstatus sekolah negeri, di SMK itu masih terdapat banyak kekurangan fasilitas pendukung, sarana dan prasarananya juga kurang memadai. Saat ini SMK ini didukung 11 ruangan belajar, dengan jumlah guru pns hanya 8 orang dan didukung tenaga guru honor 24 orang.

“Dengan kondisi demikian, dalam proses ajar mengajar maka para tenaga pendidik menjadi double dalam bertugasnya,” ungkap Aliyas kepada Suaralidik.com, Jumat (15/9/17).

Ditambahkan Aliyas, Smk Negeri 1 Rambutan ini merupakan sekolah menengah kejuruan yang pertama di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, dengan memiliki luas lahan sekitar dua hektar.

“Makanya saya berharap SMKN ini bisa menjadi icon smk kejuruan setingkatnya di Kabupaten Banyuasin ini. Kami siap menjemput bola, agar banyak siswa yang bisa mendaftar di sekolahan kejuruan ini, sehingga tidak harus sekolah ke kota,” pungkasnya. (Sunardi)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama