Selain Perbaiki Infrastruktur, TMMD Gorontalo Berikan Penyuluhan Agama

oleh
TMMD Gorontalo - Penyuluhan
Peltu Hi.Suparno saat memberikan penyuluhan kepada masyarakat Desa Pangra, Kecamatan Wonosari.

Gorontalo, suaralidik.com – Ternyata TMMD 102 Gorontalo tidak hanya memperbaiki infrastruktur, namun Satgas TMMD juga memberikan penyuluhan tentang agama. Seperti yang dilakukan Hi. Suparno Satgas TMM 102 yang juga mejabat sehari-harinya sebagai Bintara Pembinaan Mental Korem 131/Santiago dalam rangkaian kegiatan nonfisik TMMD 102 TA 2018 Wilayah Kodim 1304/Gorontalo memberikan penyuluhan Agama kepada Warga Desa Pangea Kec. Wonosari Kab. Boalemo. Jumat 20 Juli 2018.

Pantaun Suaralidik.com, Dalam kegiatan Non Fisik TMMD 102 Kodim 1304/Gorontalo mengadakan kegiatan Penyuluhan Agama yang diselenggarakan dengan meminjam ruang kelas di SD N 23 Pangea yang menghadirkan seluruh warga desa Pangea. Kegiatan ini sengaja digelar di SD N 23 Pangea mengingat Masjid Ar-Rahman masih sementara dalam tahap perehapan oleh Tim Satgas TMMD 102.

Kegiatan Penyuluhan Agama ini mengusung Thema kerukunan Hidup Sesama Manusia Dalam Rangka TMMD Ke 102 TA. 2018 Kodim 1304/Gorontalo. Peltu Hi. Suparno dalam materi penyuluhannya menyampaikan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat agar kita lebih rukun, “sesama umat beragama kita jangan saling mengolok – olok agama lain, karena hal itu akan menjadi sebuah konflik yang memecah belah bangsa,” ujarnya.

“Penyuluhan agama ini dititik beratkan kepada materi Toleransi kepada sesama umat agama lain. Dalam hidup beragama kita tidak dibenarkan untuk menyakiti hati orang lain terlebih menyakiti agama lain,” ujar Peltu Hi. Suparno.

Ia menambahkan, bahwa kerukunan antar umat beragama memerlukan pondasi dalam membangun manusia yang berkarakter dam beraklak mulia antara lain yaitu dimulai dari pembentukan karakter berawal dari keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat, ketiga komponen ini harus kuat sehingga kerukunan antar umat beragama dapat terjalin dengan baik.

“Saya menitip pesan kepada warga desa Pangea agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan sesama agama, antar pemeluk agama, memupuk dan mempererat toleransi beragama serta kerukunan dengan warga masyarakat guna menciptakan wilayah yang kondusif. Sehingga kita bisa hidup dengan tentram dan Damai,” ungkapnya.

Satgas TMMD 102 TA.2018 Wilayah Kodim 1304/Gorontalo datang di tempat ini untuk melaksankan tugas dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegitan pembangunan Fisik maupun Non Fisik semua ini dalam rangka membangun karakter bangsa yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.( ***ANdi/BCHT)