Selangkah Lagi Menuju “Rusunawa ASN” Di Pemda Boltim

oleh
Tim Verifikasi saat kunjungi lokasi

BOLTIM,Suaralidik.com, – Bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur bakal terwujud kepada aparaturnya dalam hal ini pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk ASN yang belum memiliki rumah.

Tim Verifikasi saat kunjungi lokasi

Kepedulian ini mendapat apresiasi, serta kehadiran Rusunawa bagi ASN yang belum memiliki rumah tentunya ini menjadi kabar baik dan selangkah lagi menunggu hasil dari verifikasi lapangan yang sedang dilakukan tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Seksi Kawasan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispupraskim) Boltim, Primasunu Kurniawan mengatakan kepastian pembangunan Rusunawa untuk ASN tinggal menunggu hasil “Saat ini tim dari Kementerian PUPR sedang melakukan verifikasi lahan pembangunan Rusunawa yang telah diusulkan oleh Pemda Boltim pada tahun 2017,” bebernya Senin lalu (5/3/2018).

Dia menuturkan, proyek pembangunan Rusunawa tersebut rencananya akan dibangun di Ibukota Kabupaten. “Lahan untuk pembangunan Rusunawa disiapkan di lokasi kawasan perkantoran terpadu Desa Tutuyan seluas 3000 M2. untuk pelaksanaannya kita menunggu hasil verifikasi dari Kementerian PUPR,” ujarnya.

Dia menambahkan, jika disetujui oleh Kementerian PUPR, rencananya Rusunawa akan dibangun 3 lantai dengan tipe 36. “Yang diusulkan 2 Tower (Bangunan), namun kemungkinan yang disetujui baru 1 Tower, bangunannya 3 lantai terdiri atas 38 unit bilik,” jelasnya.

Sementara, Wulan, salah satu Satker Kementerian PUPR yang melakukan verifikasi lapangan mengatakan, pembangunan Rusunawa secepatnya akan dilaksanakan bila hasil verifikasi lapangan memenuhi syarat seperti rencana tata ruang daerah. “Anggaran untuk pembangunannya dari Kementerian. Secepatnya akan kita laksanakan bila memenuhi syarat,” terangnya.

Disinggung bagaimana para ASN dapat menempati Rusunawa tersebut, Dia menuturkan, menjadi kewenangan pemerintah daerah. “Nanti akan dibentuk Badan Pengelola setelah Rusunawa selesai dibangun,” tutupnya. (Bob-RM/kemal)