Seleksi ASN Teladan Tingkat Bolmong Jalani Tes Wawancara

oleh
Kepala Bidang Disiplin, Fasilitasi Profesi dan Informasi Aparatur Abdussalam Bonde SHI

BOLMONG. Suaralidik.Com—Seleksi ASN Teladan Tingkat Kabupaten Bolmong memasuki tahap wawancara, Kamis(15/3) di Kantor Bupati Bolmong. Tercatat 35 calon Aparatur Sipil Negara (ASN) siap berjibaku dihadapan tim yuri yang terdiri ; Sekretaris Daerah Kab. Bolaang Mongondow Tahlis Gallang, S.IP, MM, Asisten III Ir. I Wayan Gede, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Fico Mokofompit, SE, Dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Drs. Umarudin R. Amba.

Kepala Bidang Disiplin, Fasilitasi Profesi dan Informasi Aparatur Abdussalam Bonde SHI

Awalnya 40 pegawai yang diusulkan oleh beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, ada 6 orang yang tidak memenuhi syarat administrasi dan 34 calon ASN Teladan yang memenuhi syarat untuk ikut dalam tahapan seleksi wawancara ini.

Test wawancara dilaksanakan setelah diadakan cross check berkas dan hasil tes tertulis terhadap 34 ASN tersebut untuk mengetahui apakah mereka memenuhi kriteria atau tidak sebagai ASN teladan yang nanti akan ditetapkan sebagai juara. Penilaian meliputi pengetahuan Umun, Pemerintahan, Kepegawaian, dan Keuangan.

“Tujuan pemilihan pegawai teladan ini agar dapat memotivasi ASN yang lain dan sebagai tolak ukur profesionalisme ASN sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN dan PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN”, ujar Kepala BKPP Kab. Bolmong Drs. Umarudin. R. Amba usai acara seleksi tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa ASN merupakan suri teladan yang dapat memberikan contoh baik kepada masyarakat. Tandas Amba

Sementara itu Menurut Kepala Bidang Disiplin, Fasilitasi Profesi dan Informasi Aparatur Abdussalam Bonde SHI bahwa pelaksanaan ASN teladan kali ini cukup ketat, sebab mereka yang terpilih nanti dapat dipromosikan sebagaimana yang dikatakan oleh Pak Sekda saat pembukaan seleksi teladan tahun 2018. Adapun dalam penilaian tersebut terdapat beberapa kriteria yaitu nilai A (85-100) dengan hasil sangat memuaskan, nilai B (75-84,9) memuaskan, nilai C (60-74,9) cukup memuaskan dan nilai D (50-59),”ungkap Adul panggilan Akrab

“Untuk Hasil penilaian ini rencananya akan diumumkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kab. Bolmong, Dari hasil seleksi tersebut akan dipilih 3 orang ASN teladan di masiang-masing kategori yakni klas administrator, pengawas, Gol III dan Gol II yang akan menerima hadiah dan penghargaan pada hari Ulang Tahun Bolmong nanti,” Tutur Abdussalam Bonde mantan ketua KPMIBM Cabang kota Gorontalo. (is)