Seleksi PPK di Bolmut Tak Gunakan CAT

oleh -
Gambar saat KPUD Bolmut melakukan penerimaan berkas pelamar PPK untuk setiap kecamatan. Foto : Chandriawan Datuela
Gambar saat KPUD Bolmut melakukan penerimaan berkas pelamar PPK untuk setiap kecamatan. Foto : Chandriawan Datuela

BOLMUT, Suaralidik.Com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan agenda perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Utara.

Divisi Hukum KPUD Bolmut Ismail Mobiliu, saat ditemui awak media ini, Jum’at (24/01/2020) mengatakan jika, seleksi ini tidak menggunakan tes Computer Assisted Test (CAT) atau tes yang biasa dilakukan untuk merekrut CPNS secara online dengan menggunakan komputer.

Menurut Ismail, pihaknya tidak menggunakan tes CAT karena terhalang oleh keterbatasan waktu dan belum adanya kesiapan daerah terkait penyediaan aplikasi untuk CAT.

“Waktu kami sangat terbatas untuk koordinasi soal kesiapan, terlebih lagi aplikasi untuk CAT belum tersedia. Aplikasi itu harus disiapkan oleh KPU di daerah, bukan provinsi atau pusat”, terangnya

Dia pun mengatakan jika, terkait metode seleksi PPK tahun ini, pihaknya menggunakan tes tertulis sesuai aturan dan ketentuan KPU.

“Dalam aturan KPU, ada dua pilihan yang diterapkan dalam seleksi perekrutan PPK tahun ini, yakni memakai CAT atau tes tertulis. Oleh karena CAT belum bisa, maka kami menerapkan tes tertulis secara terbuka agar terlaksana secara transparan”, ungkapnya.

Dia pun berani menjamin bahwa perekrutan PPK ini akan berlangsung secara adil dan sesuai hasil tes para pelamar.

“Saya beri garansi, perekrutan PPK ini akan berlangsung adil dan transparan karena akan sesuai dengan alur perekrutan yang ada, terutama meminta tanggapan masyarakat soal layak tidaknya nama-nama terkait menjadi anggota PPK”. Tutup mantan wartawan asal Bintauna itu. (***Chan)

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60