Semangat Emas Ketiga Indonesia Datang Dari Atlet Panahan, SEA Games 2017

oleh
Diananda Choirunnisa meraih emas ketiga Indonesia di SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

SPORT – Langakah Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia boleh saja dipersulit, namun semangat merah putih dari tim dan para atlet garuda tak akan sirna. Itu terbukti dari semangat juang di cabang olahraga panahan berhasil meraih mendali emas.

Diananda Choirunnisa meraih emas ketiga Indonesia di SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Diananda Choirunnisa berhasil mempersembahkan emas ketiga Indonesia, setelah menang di final nomor individual recurve putri, Minggu (20/8/17).

Pada pertandingan final yang berlangsung di National Sports Complex, Kuala Lumpur, Diananda mengalahkan pemanah asal Filipina Nicole Marie.

Dalam final yang disaksikan langsung Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir, Ketua Umum PP Perpani Titiek Soeharto, dan chef de mission Azis Syamsudin, Diananda menang 6-4 atas Nicole.

“Saya bangga dengan penampilan para pemanah nasional di SEA Games ini. Para atlet panahan mampu mencetak prestasi tinggi seperti terbakar semangat dengan momen Presiden Jokowi saat memanah di countdown Asian Games 2018,” ujar Erick Thohir dikutip dari rilis resmi KOI seusai pertandingan.

Dengan keberhasilan Diananda meraih emas, maka tim panahan Indonesia sudah berhasil mengoleksi tiga medali emas dan satu perunggu di SEA Games 2017. Dua emas lainnya dipersembahkan Sri Ranti dan Prima Wisnu Wardhana.

“Saya berharap ada tambahan medali lagi. Sukses ini menunjukkan tak salah jika cabang panahan jadi cabang unggulan Indonesia di setiap multi event, termasuk saat Asian Games tahun depan, meskipun Korea Selatan akan jadi pesaing terberat,” tambah Erick.

Tambahan satu emas membuat Indonesia naik ke posisi empat klasemen sementara perolehan medali di SEA Games 2017.

Hingga pukul 22:45 WIB, Indonesia mengoleksi 3 emas, 4 perak, dan 10 perunggu.

Puncak klasemen masih ditempati tuan rumah Malaysia dengan koleksi 16 emas, 12 perak, dan 9 perunggu. Disusul Singapura di runner-up dengan 8 emas, 10 perak, dan 7 perunggu. Kemudian Thailand dan Indonesia.

[Resource Official SEA Games 2017 | Kuala Lumpur ]