Seminar Kesehatan Nasional, Akbid Tahirah Al Baeti Bulukumba Gandeng Pembicara Utama dari Universitas Kanazawa Japan

oleh -
Foto : Seminar Nasional Kesehatan Bakal Digelar Akademi Kebidanan (AKBID) Tahirah Al Baeti Bulukumba.

BULUKUMBA, Suaralidik.Com – Seminar kesehatan nasional dengan judul “Kesehatan Ibu dan Bayi melalui Pengenalan dan pencegahan TORCH (Toxoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpex) yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019 di Aula Akademi Kebidanan (AKBID) Tahirah Al Baeti Bulukumba.

Seminar kesehatan ini akan menghadirkan pembicara sebagai keynote speaker Masaharu Tokoro, MD., Ph.D yang merupakan salah satu peneliti Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Kanazawa, Jepang.

Beliau akan memperkenalkan cara penanggulangan TORCH secara molekular yang merupakan salah satu pendeteksi penyakit infeksi kehamilan ditingkat molekular dengan menggunakan DNA.

Selain itu, pembicara lain adalah Selviana Bamba, S.ST., M.Kes salah seorang praktisi dan konselor pelayanan kebidanan sekaligus salah seorang dosen di AKBID Tahirah Al Baeti.

Beliau akan membawakan materi tentang bagaimana treatment terhadap penyakit infeksi pada kehamilan ibu dan bayi yang dilakukan di Puskesmas.

Pembicara ketiga sebagai pemateri terakhir di seminar kesehatan ini adalah Mudyawati, M.Kes., Ph.D, salah seorang peneliti Trichomonad, natural product dan human microbiome dan juga salah satu dosen di AKBID Tahirah Al Baeti.

Pada kesempatan ini, beliau akan membawakan trik pencegahan dan mengatasi penyakit infeksi melalui natural product.

Persiapan menjelang hari H seminar kesehatan Nasional ini sudah tampak sebulan yang lalu yaitu tanggal 27 Februari 2019 bertepatan dengan rapat pertama yang dilakukan di Kampus AKBID Tahirah Al Baeti.

Tentunya dengan keterbatasan waktu ini, para panitia yang terlibat baik dari staf AKBID, PKM dan mahasiswa bersinergis untuk melangsungkan kegiatan pertama yang melibatkan pembicara dari luar negeri (Jepang) sukses dengan gemilang.

Adapun progresitas persiapan seminar yang dilakukan dalam 5 pekan ini secara garis besarnya adalah bekerja sama dengan beberapa instansi terkait, pengurusan nomor surat SKP untuk digunakan pada sertifikat di IBI provinsi, Design dan percetakan brosur, pamplet (baliho), surat undangan dan tiket para peserta untuk mengikuti seminar kesehatan ini, rancangan acara yang efektif dan efesien, RAB kegiatan dan sebagainya.

Seminar kesehatan nasional ini direncanakan akan dihadiri oleh pengurus dan anggota Dharma Wanita Kabupaten Bulukumba, para anggota BKKBN Kabupaten Bulukumba, para pemerhati kesehatan reproduksi di Kabupaten Bulukumba, para tenaga kesehatan di Kabupaten Bulukumba, para mahasiswa dan alumni di Kabupaten Bulukumba dan masyarakat umum yang mempunyai perhatian besar terhadap kesehatan reproduksi terutama infeksi kehamilan. Panitia kegiatan Seminar kesehatan ini menargetkan jumlah peserta sebanyak 300 orang peserta.(Mudyawati Kamaruddin)