Siapkan Penulis, IKAPMII Sul-Sel Gelar Sekolah Menulis Guna Melawan Berita Hoax

oleh
Foto : Suasana Malam Pertama Pesantren Literasi IKA PMII Sul-Sel

Lidik Makassar – Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) Sulsel, menghelat sekolah menulis dengan tema “Ikhtiar Nahdliyyin Merawat Tradisi Literasi” di Wisma Pergerakan, Jalan Andi Tonro Makassar, Jumat-Minggu (07-10/04/2017).

Foto : Suasana Malam Pertama Pesantren Literasi IKA PMII Sul-Sel

Peserta berasal dari kader PMII dan alumni muda, mendapatkan sejumlah materi, seperti Proses Menulis Kreatif, Teknik menulis opini, motivasi menulis, hingga bentuk-bentuk tulisan. Pemateri berasal dari sejumlah kolumnis dan penulis opini di Makassar.

Ketua panitia pelaksana, Fadlan Nasurung, menyampaikan agenda ini sebagai upaya untuk memberdayakan kader sejak dini dalam bidang penulisan. Selain itu pula, agar budaya literasi pesantren, bisa makin membumi.

Budaya literasi semakin mengalami kemunduran, termasuk di kalangan kaum pergerakan dan pesantren, ini menjadi alasan kita melaksanakan kegiatan ini,”
Penulis itu tidak lahir dari keramian, tapi penilis lahir dari kesunyian, karena dalam Kesunyian kita bisa menciptakan kejernihan untuk menggali ide-ide kreatif untuk kemudian dituangkan dalam suatu karya kita “Kata Fadlan L Nasurung

Sementara Ketua IKAPMII Sulsel, Abd Kadir Ahmad menyampaikan tradisi literasi di kalangan kaum pergerakan dan pesantren harus terus dikembangkan apalagi di tengah tantangan zaman yang kompetisinya makin beragam.

Literasi dalam situasi hari ini, dapat juga untuk melawan berbagai tulisan hoax yang marak beredar di media, selain itu untuk mengetengahkan Islam pesantren yang moderat, dalam menjaga keutuhan bangsa,” tandas peneliti senior Kementrian Agama ini.

Editor : Adhe