Simulasi BPBD di Lapangan Labakkang, Masyarakat Ikut Andil dan Berlatih

oleh
Sibatara pangkep
Simulasi Siaga Tangan Rakyat ( SIBATARA) di Lapangan Erasa Labbakkang, Pangkep, Rabu (11/7)

Pangkep,  suaralidik.com – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pangkep, gelar kegiatan Sosialisasi dan simulasi bencana Puting beliung di lapangan Erasa Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep, (11/07/18).

Sosialisasi dan simulasi tanggap darurat bencana tersebut merupakan tekhnik atau cara untuk menjauhkan masyarakat dan mengurangi resiko bencana untuk Kecamatan Labakkang khususnya kelurahan dan desa yang rawan puting beliung.

Kepala Bidang pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pangkep, H. Lukman dalam laporannya menyampaikan, bahwa sosialisasi ini adalah Sosialisasi Siaga bencana tangan rakyat atau SI BATARA di mana kedepannya penanggulangan bencana harus menyeluruh, agar masyarakat paham dan jauh dari bencana sehingga kegiatannya di rangkai simulasi.

“penanganan bencana yang terintegrasi, sehingga penanggulangan bencana dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh,” ujar Lukman saat memberikan Laporan.

Senada dikatakan Ketua DPRD Pangkep Andi Ilham Zainuddin, saat meninjau langsung kegiatan simulasi, bahwa datangnya bencana tidak ada yang bisa prediksi, olehnya itu perlu di kembangkan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat.

“penanggulangan bencana ini tidak hanya pada penanggulangan bencana tanggap darurat, melainkan pada seluruh potensi bencana, dan untuk kegiatan seperti ini supaya tidak hanya dilakukan di Kecamatan Labakkang, tapi semua daerah si Pangkep ,” katanya.

Dari pantauan Suaralidik.com. Simulasi dihadiri oleh berbagai unsur, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pangkep, Muspika Kecamatan Labakkang, PMI (Palang Merah Indonesia), Puskesmas
Labakkang serta Relawan Masyarakat.( ***Syaiful)