Siswa Dapat Perlengkapan Sekolah Tahun Ajaran Baru, Yasti Penuhi Janji Kampanyenya

oleh
Bupati Bolmong
Bupati Bolmong (Kiri) Yasti S. Mokoagow bersama Wakil Bupati

BOLMONG,suaralidik.com –  Janji politik pasangan Bupati dan Wakil Bupati / Yasti-Yanny, untuk tahun ajaran baru ini mulai direalisasikan. Seluruh siswa kelas 1 di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Bolaang Mongondow, tahun ajaran baru ini bakal mendapat perlengkapan seragam siswa dari pemerintah kabupaten.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bolmong, Renty Mokoginta saat dikonfirmasi mengatakan bahwa; “Anggarannya menelan biaya 4 miliar lebih dari Dana Alokasi Umum (DAU),” ujar Renty, Selasa (17/4/2018).

“Untuk pengadaan seragam siswa ini akan segera dilelang bulan ini, dan direncanakan penyerahannya akan dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow” Kata Renty

“Nanti akan kami informasikan dimana pelaksanaan penyerahan seragam ini oleh ibu Bupati,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala seksi Kurikulum dan Kesiswaan Abdulrivai Mokoagow, S.Pd mengatakan, bahwa pemberian bantuan seragam sekolah ini adalah program Pemerintah Daerah dalam rangka upaya meringankan beban orang tua siswa ditahun ajaran baru, dan dikhususkan bagi siswa kelas 1 SD dan kelas VII SMP. Sehingga dengan rangsangan ini pemerintah berharap tak ada lagi anak putus sekolah akibat biaya mahal, ujar Rivai.

Untuk Sekolah Dasar (SD) yang ada dibolmong berjumlah 222, dan jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP), 68 baik negeri maupun swasta.

Menurut dia, program yang menyedot anggaran daerah senilai Rp 4 miliar lebih ini memang untuk mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten Bolaang Mongondow, sebagaimana visi Bupati Yasti S. Mokoagow. Bantuan ini nantinya akan disalurkan melalui satuan pendidikan SD dan SMP, berupa seragam dan perlengkapan sekolah,” terang Ketua Pemuda Muhammadiyah Bolmong ini.

Secara rinci, untuk Sekolah Dasar disediakan anggaran sekitar Rp 2,8 miliar, sedangkan untuk SMP sekitar Rp 1,3 miliar. Jika ditotal mencapai sekitar Rp 4,1 miliar.

Hasil penelesuran awak media, program ini membuat orang tua siswa sumringah. Dewinta Thomas misalnya, orang tua siswa di SDN 1 Mopait; dia mengaku sangat senang menyambut program bantuan ini. “Terima kasih saya ucapkan kepada Bupati atas bantuan seragam dan perlengkapan sekolah, saya sangat senang,” kata ibu ini. (***is)