Siswa SMA Jalani UN, Agus: Selamat dan Ingat Dua Hal Penting

oleh
Agus Arifin Nu’mang
Agus Arifin Nu’mang usai serah terima jabatan di ruang pola Kantor Gubernur Sulsel, Senin, (9/4/2018)

MAKASSAR,suaralidik.com — Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Sulawesi Selatan mulai menempuh ujian nasional (UN) hari ini, Senin, 9 April 2018. UN ini merupakan salah satu ujian kualitas dan prestasi setelah tiga tahun menimba ilmu di bangku sekolah.

Tidak hanya itu, UN ini juga momentum sangat penting dan strategis. Sebab, dari situ akan terjadi perubahan status, sehingga UN sekaligus menjadi momentum transisi. Dari siswa menjadi mahasiswa. Dari sekolah menjadi kuliah.

“Buat anak-anakku yang sedang menghadapi UN, selamat, tunjukkan prestasi terbaiknya,” pesan Wakil Gubernur Sulsel periode 2008-2018, Agus Arifin Nu’mang usai serah terima jabatan di ruang pola Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 9 April 2018.

Mantan Dosen di Fakultas Pertanian Unhas ini lalu mengingatkan, UN tidak hanya menjadi tahapan untuk menunjukkan prestasi. Akan tetapi juga menjadi ujian kejujuran.

“Jangan karena mengejar hasil yang baik sehingga harus menggunakan segala cara. Kejujuran itu sangat penting,” kata Agus mengingatkan.

Oleh karena itu, ia berharap, UN ini akan benar-benar menunjukkan isi kepala siswa. “Kalau sedari siswa sudah mencontek, itu akan terbawa-bawa hingga mahasiswa, bahkan hingga ke masyarakat,” katanya.

Makanya, mantan Ketua DPRD Sulsel ini mengingatkan agar tidak sekadar mengejar prestasi. Akan tetapi juga menjaga kejujuran. “Kejujuran itu penting karena siswa yang UN hari ini adalah pemimpin bangsa di masa depan. Kalau saat siswa mencontek, nanti kalau berkesempatan jadi pemimpin juga akan mencontek,” tegas Agus.

Ia pun meminta maaf karena UN kali ini, ia tidak bisa lagi datang memantau ke sekolah-sekolah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. “Mohon maaf tidak bisa lagi datang ke sekolah untuk melihat langsung proses UN ini berjalan. Semoga ke depan, ada ruang dan kesempatan untuk kembali bersama-sama,” ujar kandidat Gubernur Sulsel nomor urut 2 ini. (**BCHT)