Slamet Umbola : Tunjangan Aparatur Desa Lewat Nomor Rekening Pribadi !

oleh
Foto : Kadis PMD Slamet Umbola

Boltim, Suaralidik.Com- Dalam rangka efisiensi waktu dalam pembayaran tunjangan aparatur. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Boltim membuat inovasi baru.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas PMD Slamet Umbola bahwa tunjangan aparatur desa mulai dari kepala Desa sampai kepala dusun akan dimasukkan ke rekening pribadi.

Inovasi dimulai di Triwulan 1 dibayarkan lewat rekening pribadi perseorangan. Sehingga, tunjangan yang selama ini melalui Bendahara Desa sudah tidak lagi.

“Jika pembayaran gaji lewat bendahara akan muncul kecurigaan kepada bendahara melakukan pemotongan. Tapi kalau langsung ke rekening pribadi selain lebih memudahkan perangkat desa, juga tidak ada dugaan yang negatif, ” kata Kepala Dinas PMD, Slamet Umbola.
Sementara itu sebagai mitra kerja pemerintah, Kepala Bank Sulut Gorontalo (BSGo) Cabang Tutuyan, Diana Mokoginta berpendapat bahwa pembayaran gaji dan tunjangan non tunai ini merupakan transaksi elektronik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).
“Implementasi penerapan sistem transaksi elektronik ini sejak tahun 2017 kemarin, khusus pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Boltim dibayarkan secara nontunai,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Diana, transaksi non tunai ini dinilai lebih efektif, efisien, aman dan meminimalisasi peluang korupsi.
“surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pelaksanaan transaksi nontunai. Jadi selain PNS, perangkat desa di Boltim juga sudah wajib menggunakan transaksi nontunai, apalagi menyangkut anggaran APBD,” urai Mokoginta. (***bobrw)