Sosialisasi dan Penerapan Aplikasi E-Panrita di Kabupaten Soppeng

oleh -

SOPPENG, suaralidik.com – Sosialisasi penerapan e-panrita oleh Disdik Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di Aula SMAN 1 Soppeng Kecamatan lalabata Kabupaten Soppeng (Sabtu 18 Mei 2019).

E-Panrita adalah Aplikasi Pelayanan Pendidikan Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi, aplikasi ini dirancang untuk mengawasi guru-guru se-sulsel pada saat jam mengajar dan mengawal guru agar tetap berada di sekolahnya. Cara absennya cukup unik, yakni dengan berphoto lalu mengirim ke server sesuai titik koordinat sekolah, terkait dengan regulasi E-Panrita yang sudah diterapkan kepada semua pegawai yang dibawahi langsung Disdik Sul-sel

SMKN 1

Adapun keunggulan dari masing-masing fitur aplikasi e-Panrita ini adalah:

1. Absensi online
Fitur ini berbasis geotracking (GPS) yang langsung terhubung dengan gadget tiap guru dan kartu tanda pengenal tiap siswa di sekolah. Melalui absensi online, guru maupun siswa bisa dideteksi keberadaannya pada saat jam sekolah.

Aplikasi ini juga bisa merekap tingkat kehadiran guru dalam mengajar dalam setiap pekannya. Begitu pula dengan tingkat kehadiran siswa di sekolah dapat dideteksi melalui absensi online ini.

2. E-learning
Fitur e-learning merupakan fitur yang memungkinkan guru maupun siswa melengkapi dan mendapatkan pembelajaran secara online.
Dalam fitur ini guru dan siswa bisa mendownload materi pelajaran, ribuan buku ajar, hingga kuis-kuis pelajaran secara gratis.

3. Video Conference
Melalui video konferensi pihak-pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan seperti Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, UPT Dinas Pendidikan wilayah kabupaten/kota, hingga kepala sekolah dan guru-guru dapat berinteraksi secara langsung secara bersamaan

4. E-Polling
Fitur e-Polling menyajikan layanan pemilihan guru-guru maupun siswa-siswa favorit baik oleh guru dengan guru maupun oleh siswa dan sebaliknya.

5. Guru
Data-data guru meliputi sebaran guru, jumlah guru se-Sulsel dan per kabupaten/kota, guru mata pelajaran, hingga status/kualifikasi pendidikan guru dapat diketahui oleh masyarakat luas dalam fitur ini.

Begitu pula dengan jumlah guru bersertifikat, berstatus PNS dan non-PNS akan diinput secara berkala dalam fitur ini.

6. E-Budgetting
Jumlah anggaran tiap sekolah hingga keterbukaan dalam penggunaan Dana BOS tiap sekolah diinput secara berkala dalam fitur ini sehingga masyarakat luas dapat mengontrol penggunaan dananya sekaligus sebagai fungsi pengawasan bagi pihak sekolah.

7. CCTV Sekolah
Melalui fitur e-Panrita, dari ruang kontrol utama di Disdik Sulsel keadaan rill tiap sekolah se-Sulsel dapat disaksikan dan dikontrol.

Seluruh CCTV sekolah kini terhubung langsung dengan ruang kontrol JK e-Panrita Centre.

Jika terdapat hal-hal yang perlu segera dikomunikasikan setelah menyaksikan di CCTV, pihak Disdik dapat terhubung melalui fitur video conference. (Fajar Udin)