Sosialisasi Pembibitan Sapi Potong, Ballasaraja Siap Jadi Sentra Pengembangan

oleh

suaralidik.com, Bulukumba–Kelompok Tani Ternak Pada Idi yang beralamat di Lingkungan Sarajoko, Kelurahan Balla Saraja, Kecamatan Bulukumpa, bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba menggelar agenda sosialisasi pengembangan kawasan pembibitan sapi potong untuk program tahun anggaran 2018.

Senin (04/12), bertempat di Sekretariat Kelompok Tani Ternak Pada Idi Lingkungan Sarajoko, kegiatan ini di hadiri oleh Perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba, Kepala Kelurahan Ballasaraja, Kepala Lingkungan Sarajoko, ketua dan anggota kelompok tani ternak yang ada di Kelurahan Ballasaraja.

Kepala Kelurahan Ballasaraja, A. Asdar Alif merespon positif kegiatan sosialisasi ini, mengingat masyarakat kelurahan Ballasaraja yang dominan adalah petani dan peternak masih butuh bimbingan dan pembinaan. Ia berharap agar Kelurahan Ballasaraja bisa menjadi salah satu kawasan pembibitan sapi potong di kabupaten Bulukumba, dan melalui kegiatan ini petani ternak di Ballasaraja dapat mengakses program terkait bantuan ternak baik melalui provinsi maupun Kabupaten.

Lurah Ballasaraja yang di kenal sangat merakyat ini meyakini jika peternak di Kelurahan Ballasaraja dapat di andalkan, sangat potensial, dan berintegritas.

“Kami pihak kelurahan akan selalu siap bekerja sama dengan pihak manapun, kami siap memfasilitasi dan memediasi para petani ternak untuk mengakses program untuk kelompok tani ternak,” tuturnya.

Abd. Hamid, Ketua Kelompok Tani Ternak Pada Idi, dalam sesi dialog menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah Kelurahan serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan atas sosialisasi dan bimbingan mereka dalam kegiatan ini.

“Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami, mengingat kami masih miskin ilmu terkait strategi dan dan cara beternak khususnya sapi. Kami berharap Dinas terkait tidak pernah bosan dan jenuh memberikan pembinaan kepada kami.” Ujarnya.

Abd. Hamid kemudian menutp dialog dengan menyatakan kesiapan Kelurahan Ballasaraja dalam menyukseskan program kawasan pembibitan sapi potong untuk tahun anggaran 2018. Ia juga sempat menyampaikan bahwa Kelompok Ternak Pada Idi sudah mengasuransikan 70 orang anggotanya.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba, Surya Darma, S. Pt, M. Si dalam materinya mengupas pentingnya petani ternak untuk mengasuransikan ternak peliharaannya. Ia mengungkapkan, ternak yang telah diasuransikan bisa menjadi agunan dalam permohonan kredit di perbankan. Menurutnya, asuransi efektif dilakukan melalui pendekatan kelompok.

Surya Darma juga menyampaikan bahwa terkait pelayanan kesehatan, hewan tidak lagi di kenakan biaya atau gratis.

“Jadi tolong kepada para petani ternak jangan memberikan sepeserpun dana kepada tim kami. Apabila ada anggota kami yang meminta sejumlah dana kepada petani ternak, laporkan kepada kami sebagai bentuk claim, dan kalau itu terbukti kami tidak segan – segan untuk memberi sanksi berat.

Di akhir materinya, Surya Darma berpesan kepada segenap petani ternak sapi untuk pro aktif membantu pemerintah mewujudkan program pembibitan sapi potong. Hal ini bertujuan untuk mengantarkan Kabupaten Bulukumba sebagai penyuplai sapi di Sulawesi – Selatan. Ia juga meminta pemerintah kelurahan untuk mendampingi para petani, guna menunjang produktifitas dan membantu mereka bersosialisasi. Dengan demikian, akan terbentuk petani tangguh, unggul dan mandiri, serta dapat mengantarkan Kelurahan Ballasaraja sebagai sentra kawasan pembibitan sapi potong di Kabupaten Bulukumba. ( G2n)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama