Sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) KKP Makassar

oleh

CEGAH PENYAKIT TIDAK MENULAR,KKP MAKASSAR GELAR SOSIALISASI DI KAWASAN WISATA BIRA

SUARALIDIK,BULUKUMBA. Kementerian Kesehatan RI melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makasar mengadakan sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM),Selasa (26/7/2016) di Panrita Lopi Beach Kawasan Pantai Bira Bulukumba.

Diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk dapat melakukan pencegahan-pencegahan sejak dini mengenai penyakit tidak menular. Meskipun tidak menular, tetapi penyakit ini termasuk penyakit dengan skala prioritas yang sering terjadi dikalangan masyarakat terutama masyarakat nelayan.

Beberapa penyakit yang menjadi skala prioritas diantaranya adalah kolesterol, gula darah, jantung, stroke, ginjal, kanker dan paru-paru. “Kenapa diadakan sosialisasi penyakit tidak menular, karena penyakit tidak menular sering diabaikan. Sehingga penyakit tersebut berkembang tanpa ada pencegahan-pencegahan dini,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Lintas Wilayah KKP Makasar,dr. Bambang Budiman kepada crew Indota.com ( Suara Lidik).

Bambang Budiman mengungkapkan bahwa kegiatan ini sesuai tugas pokok dan fungsi pengendalian KKP Makassar atas penyakit menular dan tidak menular. Namun di Indonesia khususnya di Sulsel lebih didominasi oleh PTM, karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengobati dan mencegah PTM.

“Mari bersama-sama kita cegah PTM dengan cara berolahraga secara teratur, merubah gaya hidup menjadi gaya hidup yang sehat, hindari stress, dan tidak merokok atau memulai untuk berhenti merokok bagi yang telah terlanjur kecanduan,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar kedepannya seluruh pihak dan instansi terkait dapat bersama-sama bekerjasama untuk menjadikan Sulsel sehat dan bersih dari berbagai macam penyakit dengan melakukan pencegahan-pencegahan dini.

“Mudah-mudahan bapak ibu yang hadir di sosialisasi saat ini, dapat menyampaikan materi yang telah diberi kepada lingkungan sekitar, khususnya pada keluarganya,” sebutnya.

Kepala UPT Kesehatan Pelabuhan Kabupaten Bulukumba,Makmur juga mengharapkan hal yang sama. Karena dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih mengetahui cara mencegah, agar dapat terbebas dari penyakit-penyakit tidak menular.

“Penyakit tidak menular sering terjadi karena masyarakat kita sering mengabaikan rasa sakitnya, tidak mau berobat atau langsung pergi cek kedokter. Sehingga penyakit tersebut semakin berkembang didalam dirinya,” kata Makmur.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi perwakilan Puskesmas Bonto Bahari, KP3,Angkatan Laut serta Polair, Kesyahbandaran, dan beberapa tamu undangan lainnya dari perwakilan agen maritim yang ada di Bulukumba ( aatj / Indota.com)

Caption : Suasana pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PKT) yang di lakukan KPP Makassar,Selasa (26/7/2016) di kawasan Wisata Pantai Bira Bulukumba